15 Objek Wisata di Banjarnegara Paling Memukau

Posted on

Jawa Tengah memang mempunyai bermacam daerah tamasya yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu Daerah tamasya yang sepatutnya anda coba merupakan daerah liburan yang berada di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Kabupaten Banjarnegara tenar dengan salah satu kulinernya merupakan dawet ayu. Banjarnegara yakni suatu kabupaten yang terdapat di tempat jawa tengah yang banyak mempunyai lokasi tamasya luar biasa. Daerah tamasya di banjarnegara dan sekitarnya senantiasa dipenuhi pelancong terutamanya dikala wisata tiba.

Banjarnegara sendiri berbatasan seketika dengan kota liburan Wonosobo yang tenar dengan wilayah liburan Dieng Plateau. Wilayah Dieng Plateau sendiri secara administratif masuk dalam kawasan Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Oleh sebab itu pada pembahasan daerah tamasya ini tak bisa dilepaskan dari sebagian objek liburan di wilayah Dataran Tinggi Dieng. Bagus daerah tamasya dieng banjarnegara ataupun Wonosobo adalah daerah liburan yang sungguh-sungguh potensial dan sungguh-sungguh digemari para pelancong. Berikut yakni 14 Daerah Liburan di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Luar.

1. Candi Arjuna Banjarnegara

Dataran tinggi dieng memiliki zona candi yang betul-betul luas. Diperkirakan, candi-candi yang ada di zona ini menduduki wilayah seluas 90 hektare. Cuma saja, baru sebagian kecil dari candi-candi itu sudah rampung direstorasi. Dari sekian banyak candi yang terdapat dataran tinggi dieng, rumit Candi Arjuna yakni yang terluas. Liburan Banjarnegara Candi Arjuna Terdapat di desa dieng kulon, kecamatan batur, kabupaten banjarnegara. Rumit Candi Arjuna memiliki luas lebih kurang 1 hektare. Di rumit ini, ada lima bangunan candi, yaitu candi arjuna, candi semar, candi srikandi, candi puntadewa, serta candi sembadra. Tak hanya candi semar, keempat candi lain yaitu candi penting yang diterapkan menjadi lokasi beribadah.

Candi arjuna, menjadi candi penting di rumit ini juga diperkirakan menjadi candi tertua, diperkirakan dibangun pada abad 8 masehi oleh wangsa sanjaya dari mataram kuno. Rumit candi arjuna umum diterapkan menjadi lokasi pengerjaan galungan. Tak hanya itu, rumit ini sekali-sekali malahan digunakan menjadi lokasi progres ruwatan si kecil gimbal. Hati Gimbal yakni suatu fenimena yang unik di Dataran Tinggi Dieng. Disana ada sebagian si kecil yang secara ajaib mempunyai rambut Gimbal. Si dengan rambut gimbal ini tak boleh seketika dipotong. Lazimnya si kecil ini dijalankan ruwatan lebih-lebih dulu sebelum dikerjakan pemotongan rambut gimbalnya itu.

2. Sumur Jalatunda Banjarnegara

Sumur ini diberikan panggilan jalatunda karna memiliki pengertian tersendiri. “jala” dan “tunda” yang maksudnya janganlah menunda nunda sesuatu maupun profesi yang baik. Informasinya, lokasi ini mempunyai banyak rahasia yang terselubung.

Menurut sejarah, objek tamasya sumur jalatunda Banjarnegara ini terjadi imbas ledakan maha dahsyat dari gunung purba dieng yang berlangsung ratusan tahun lalu. Hingga kini cuma tersisa bolongan besar dengan panjang serta lebarnya lebih kurang 90 meter dan memiliki kedalaman lebih kurang ratusan hingga beribu-ribu meter yang hingga kini belum dapat dipastikan berapa kedalaman Sumur Jalatunda di Dieng ini.

Harga Karcis masuk ke daerah tamasya sumur jalatunda ini terbilang sangat murah adalah cukup dengan membayar rp. 5000 untuk pelancong dalam negeri serta juga asing untuk sekali masuk ke zona sumur jalatunda. Akan tapi, dana ini enggak termasuk dana masuk zona dieng, jadi untuk tiket wilayah kau semestinya membayar tarif lebih kurang rp. 10. 000.

3. Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Kawah Sikidang merupakan salah satu daerah tamasya Banjarnegara yang berlokasi di wilayah vulkanik dataran tinggi dieng. Kawah Sikidang Banjarnegara ini merupakan kawah yang paling familiar dibandingi kawah-kawah lain di dieng karna memiliki jalan masuk paling mudah untuk dijangkau. Kawah sikidang ialah kawah dengan dataran fumarole terluas di banding kawah-kawah lain di dieng. Kawah Sikidang Berlokasi di zona desa dieng kulon, cuma berjarak kurang lebih 800 meter dari tujuan tamasya telaga warna dan 1,5 km dari rumit candi arjuna.

Sebutan kawah sikidang benar-benar familiar, karena sungguh memiliki karakter benar-benar istimewa, dimana ada lubang- bolongan fumarola yang cukup banyak, menyebar di perihal kawah utama dan selalu bermigrasi-pindah lokasi. Oleh karna itulah, masyarakat setempat memberinya panggilan kawah sikidang, ibarat seekor kidang (kijang) yang selalu melompat-lompat dari satu lokasi ke lokasi lain.

4. Kawah Sileri Banjarnegara

Kawah dengan luas sekitar 4 ha ini tempatnya dapat dilalui kurang lebih 15 menit dari poros dieng dengan jarak 7 kilometer. Sepanjang perjalanan bakal anda jumpai banyak asap karena disekitar desa yang dilalui ialah pengeboran untuk keperluan pembangkit listrik kekuatan uap (PLTU). Di tengah jalanan menuju lokasi bakal anda temui tugu yang cukup tinggi dengan artikel grafir mengenai insiden bencana pada masa lalu yang sempat berlangsung di wilayah dieng, enggak berapa lama sesudah itu anda bakal hingga di daerah kawah yang terdapat disebelah bawah trek menuju pemandian air panas bitingan.

Sebutan sileri bermula dari bahasa jawa adalah leri maupun air sisa basuhan beras, air kawah yang terlihat berwarna silver dan mengalir kesungai dolog inilah yang walhasil diberikan sebutan leri maupun sileri, dipaskan dengan warna air yang tampak kumal serupa leri.

5. Telaga Merdada Banjarnegara

Wilayah datatan tinggi dieng merupakan gunung berapi besar, sehingga tak heran jika di situ banyak dijumpai kejadian alam yang bersinggungan dengan kesibukan vulkanologi. Wilayah dieng plateau juga memperlihatkan bermacam-macam macam keelokan alam dan titik luar biasa untuk dikunjungi seperti kawah, telaga, perbukitan dan candi. Tamasya Dieng Banjarnegara lainnya yang akan kita bahas yakni Telaga Merdada. Luas telaga merdada mendekati 25 hektar. Telaga ini telah banyak memberi manfaat buat masyarakat sekeliling. Tak hanya jadi tujuan liburan alam di Banjarnegara yang sungguh-sungguh mengagumkan, sasyarakat setempat juga mengaplikasikan telaga ini menjadi sumber irigasi untuk menyirami lahan persawahan mereka.

Telaga merdada dieng ini memiliki ciri tersendiri, adalah formatnya yang menyerupai suatu cekungan bekas kaldera ledakan gunung berapi yang besar. Kemungkinan asal masukan terbentuknya telaga merdada diakibatkan oleh ledakan gunung berapi yang sungguh-sungguh dahsyat, sesudah itu meninggalkan petunjuk cekungan yang sungguh-sungguh besar dan jadi suatu telaga yang memukau.

6. Telaga Dringo Banjarnegara

Sebutan dringo diperoleh dari tanaman yang tumbuh dengan metode alamiah di sekeliling telaga, sehingga oleh rakyat sekitar di namakan telaga dringo. Telaga tertinggi di dataran tinggi dieng ini mempunyai panorama yang sungguh-sungguh memesona. Banyak pengunjung yang hadir untuk berkemah dan merasakan teduhnya udara yang bertiup bergerak dari balik ngarai. Telaga dringo ini ialah daerah tamasya di banjarnegara jawa tengah yang sungguh belum banyak dikunjungi pelancong karena jalan masuk jalannya yang sangat menanjak serta tanah bebatuan. Lagi pula untuk menuju ke tamasya Banjarnegara telaga dringo juga anda mesti lagi treking selama 20 menit trek tanah dan berbatu.

7. Kawah Candradimuka Banjarnegara

Objek wisata alam yang berada di banjarnegara yang lainnya ini yaitu kawah candradimuka yang merupakan salah satu kawah yang berada di dataran tinggi dieng dan sudah dibuka jadi objek liburan setelah kawah sikidang dan kawah sileri. Keberadaan kawah ini sering kali dikaitkan dengan dongeng dan teladan gatotkaca dalam sejarah pewayangan. Wujud maupun rupa kawah candradimuka memanjang dan meniru gerakan sungai. Kawah ini bermula dari sesar maupun patahan yang mengeluarkan uap panas, air panas, belerang dan lumpur. Kegiatan pemanasan bermula dari hidrotermal sisa gunung jimat yang diperkirakan tak aktif lagi ketika masa kuarter tengah. Kawah ini sungguh-sungguh serupa dengan kawah yang berlokasi di candi gedong songo di lereng gunung kendalisodo.

Kawah candradimuka menurut sejarah pewayangan adalah kawah yang berlokasi di alam khayangan. Yakni lokasi di mana gatutkaca yang adalah si kecil wrekudara dan arimbi di rebus untuk menerima ilmu kanuragan tingkat tinggi. Sehabis keluar dari kawah candradimuka disebutkan sekiranya gatutkaca memiliki otot kawat, tulang besi. Kepercayaan lain di tengah masyarakat sekitar lain yang berkembang yaitu belerang dari candradimuka bisa memulihkan penyakit kulit.

8. Curug Sirawe Banjarnegara

Daerah liburan menarik di banjarnegara berikutnya yaitu Curug Sirawe. Curug Sirawe terdapat di desa bitingan, desa kepakisan, kecamatran batur, kabupaten banjarnegara, propinsi jawa tengah. Curug sirawe berlokasi di dataran tinggi dieng dengan memiliki ketinggian sekitar 80m. Air yang jatuh dari curug ini menimpa bebatuan dan membikin terbentuknya kolam kecil di bawahnya. Dahulu curug ini pernah jadi rebutan 2 kabupaten, banjarnegara dan batang. Pihak banjarnegara menyuarakan curug sirawe menjadi asetnya karena memang sumber mata air curug (di desa bitingan) masuk zona banjarnegara. Pihak batang tak demikian itu saja menyetujui tuntutan itu, karena memang curugnya sudah masuk zona batang.

9. Curug Muncar Banjarnegara

Objek wisata yang berada di kabupaten banjarnegara yang lainnya yaitu curug muncar dengan ketinggian kurang lebihnya sekitar 40meter dan berada di wilayah perhutani dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Curug muncar ini masih terbilang benar-benar natural, belum terjamah oleh pelbagai teknologi manusia, sehingga keelokan panorama alamnya masih benar-benar natural. Lokasi Curug Muncar ini yaitu berada di lereng gunung Ragajambangan serta dengan ketinggian sekitar 1249 meter di atas permukaan laut.

10. Curug Pitu Banjarnegara

Tamasya Curug Pitu ini berlokasi di desa keminting, kecamatan sigaluh, yang berlokasi sekitar 10 kilo meter ke arah timur laut dari jantung kota banjarnegara. Untuk bisa hingga pada lokasi Curug Pitu memang dibutuhkan upaya yang cukup berat. Anda semestinya melintas sejauh 1,5 kilo meter dari trek lazim. Akan namun, keletihan itu tak akan kerasa karena sepanjang jalanan kau telah dimanjakan oleh panorama sekitar yang semacam itu menakjubkan.

Untuk harga Karcis masuk ke Liburan Banjarnegara curug pitu ini sekitar 5-10 ribu. Pun kau bisa masuk tidak dipungut bayaran karena liburan ini yakni salah satu daerah tamasya yang belum banyak dijamah manusia, sehingga pengelolaannya malah belum terlalu serius.

11. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Loka Wisata yang lainnya yaitu Taman rekreasi margasatwa (TRMS) serulingmas yang berjarak sekitar 1 kilometer dari kota banjarnegara ke arah utara. Daerah tamasya seruling mas banjarnegara ini memiliki luas sekitar 5, 3 ha. Dilegalkan pada 1997 oleh jenderal tni (purn) susilo sudarman (alm), kala masih menjadi ketua paguyuban seruan eling banyumas (serulingmas), pada 21 agustus 1997. Sekalian ia juga menyampaikan harimau yang sekarang telah berkembang biak. Trms dibangun pada masa bupati Drs Nurachmad. Itulah satu-satunya tamasya taman margasatwa di Jawa Tengah komponen selatan.

Dari taman liburan Serulingmas itu bisa dilihat panorama baik ngarai sungai serayu, yang berjumpa sungai merawu dan palet di komponen barat. Tak jauh dari situ terdapat bendungan banjarcahyana, yang dibangun pemerintah hindia belanda tahun 1939. Bendungan berkonstruksi sifon itu menerobos ke bawah kali merawu dan hingga kini masih berperan menjadi irigasi teknis.

Sarana rekreasi yang terdapat di taman rekreasi margasatawa selamanik seruling mas antara lain: kebun hewan yang lumayan komplit, kolam renang yang dilengkapi dengan waterboom, ajang permainan si kecil, panggung pertunjukan, tamasya kancah pemancingan awam, gerai cinderamata, rumah makan, makam ki ageng selomanik yang dikeramatkan, dan fasilitas-fasilitas biasa.

12. Waduk Mrica atau Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman

Objek wisata alam yang lain yaitu waduk mrica yang berada di kecamatan bawang, kab banjarnegara. Persisnya, sekitar 9 kilometer arah barat dari jantung kota banjarnegara dan berlokasi di tepi jalan besar banjarnegara – purwokerto. Dari jalan besar sedikit masuk kedalam, dicirikan dengan pintu gerbang tamasya menuju waduk mrica. Waduk mrica juga diketahui masyarakat luas menjadi bendungan panglima besar jendral soedirman, yang berperan menjadi alat pembangkit listrik energi air maupun PLTA. PLTA waduk mrica mereproduksi kekuatan listrik meraba 184, 5 mw, untuk menyediakan kebutuhan energi listrik melingkupi wilayah jawa dan bali.Sebab letaknya yang baik serta sesuai untuk berfoto ria, karenanya waduk Mrica ini juga dimaksimalkan sebagai daerah liburan di Banjarnegara yang amat baik.

13. Surya Yudha Park Banjarnegara

Tamasya air yakni satu lokasi liburan yang semacam itu digemari oleh beberapa pengunjung pada dikala ini. Lokasi tamasya yang paling luar biasa dengan konsep tamasya kolam renang maupun weterpark yang terdapat di kabupaten banjarnegara yaitu obyek liburan surya yudha park. Lokasi Objek wisata ini berada di jalan Raya karang kobar km 1 sebelah dukuh rejasa kecamatan banjarnegara, selain itu lokasi wisata ini adalah lokasi liburan terpadu karena weterpark, sport center, dan hotel terdapat dalam satu lokasi itu. Lokasi tamasya surya yudha park Banjarnegara jadi satu diantara lokasi tamasya pilihan untuk keluarga, kelompok sosial, perseorangan, dan lembaga. Sebab letaknya yang terpadu ini karenanya akan betul-betul baik bila anda berkunjung ke kawasan Banjarnegara dan sekitarnya untk menginapnya di Hotel Surya Yudha Banjarnegara ini. Sebab kecuali menginap anda juga bisa merasakan fasilitas waterboom, kolam renang dsb.

Wahana weter park di lokasi tamasya surya yudha park mempunyai 7 kolam dengan 7 lantai kedalaman kolam yang dilengkapi dengan satu ombak buatan. Diluar itu di kolam ombak tsunami juga terdapat kolam therapy ikan yang bisanya menjadi daerah lakukan terapi kesehatan pada kaki. Untuk beberapa pengunjung yang tak mau berenang maupun sebatas mengantar renang keluarga maupun kerabatnya, pengunjung bisa memakai waktu untuk berfoto -foto di depan replika liberty di New York maupun patung merlion di Singapura. Di daerah tamasya surya yudha banjarnegara juga mempunyai lokasi sebagai olahraga rafting dengan menelusuri sungai serayu selama lebih kurang sekitaran 10 kilometer.

14. Arung Jeram Serayu

Salah satu kota yang jadi tujuan wisatawan untuk menjalankan rafting atau arung jeram adalah kota banjarnega. Di kota itu ada sungai yang benar-benar layak untuk diciptakan sebagai olah raga rafting. Sungai yang dimaksud yakni sungai serayu yang mengalir dari banjarnegara hingga purwokerto. Jikalau pergi dari yogyakarta, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai daerah tamasya arung jeram di Banjarnegara ini kurang lebih kurang lebih 4 jam perjalanan. Perjalanan selama 4 jam itu penumpang disuguhi atas panorama yang demikian itu baik di sekitar lereng gunung dengan kesegaran juga panorama alam yang benar luar lazim.

Dikala menjalankan rafting di sungai serayu persisnya di banjarnegara ini kau akan mendapat berjenis-jenis sarana penyokong untuk menjalankan aksi pengarungan kau. Kau akan mendapatkan welcome drink, air mineral, makanan kecil, refreshmen kelapa muda dikala rafting, makan, pengangkutan lokal, serta equipment standar internasional seperti life jacket, dayung, helm, skipper, team recue, medical kit, dan guide.

15. Serayu Park Banjarnegara

Liburan serayu park banjarnegara jawa tengah yakni salah satu daerah liburan yang berlokasi di desa seruling mas, kabupaten banjarnegara, tempat jawa timur, negara indonesia. Tamasya serayu park banjarnegara jawa tengah yakni daerah tamasya baru di banjarnegara yang banyak pengunjung pada hari umum maupun hari tamasya. Daerah ini sangat baik dan bisa memberi sensasi yang berbeda dengan kesibukan anda sehari hari.

Tamasya Banjarnegara Serayu Park berlokasikan di jalan selamanik, 350 meter dari komplek liburan seruan eling banyumas (serulingmas). Sebagai taman liburan air, serayu park memberi tahu berbagai sarana tambahan dan lengkap untuk pengunjung seperti omah alam resort, bumbu alam cafe & coffee cafe, waterboom dan family karaoke yang dibangun dalam 1 wilayah.

Demikian tadi merupakan 15 daerah liburan di banjarnegara dan sekitarnya yang menjadi favorite pengunjung ketika wisata tiba. Kecuali daerah tamasya diatas, jangan lupa untuk mencoba liburan masakan Banjarnegara yang juga familiar nikmat, seperti dawet ayu, tempe mendhoan dan sebagainya.

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *