12 Objek Wisata di Karanganyar Terpopuler

Posted on

Karanganyar yang ialah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yakni wilayah yang penuh dengan tamasya alam, tapi tak cuma itu saja yang akan disuguhkan bagi tiap pengunjungnya, ada daerah-daerah liburan sejarah yang istimewa juga untuk dipandang. Para wisatawan yang berasal dari luar Jawa Tengah dan mau mencoba mengunjungi sebagian daerah tamasya di Karanganyar yang adalah daerah tamasya di jawa tengah, di bawah ini yakni lokasi-lokasi terbaik yang dapat diwujudkan destinasi utama saat berwisata ke Karanganyar.

1. Candi Cetho

Lokasi wisata yang pertama yaitu candi cetho yang merupakan salah satu peninggalan dari masa dahulu, sehingga sekarang ini dapat di kategorikan sebagai wisata sejarah. Daerah ini dapat dengan gampang dijangkau dan selama perjalanan ke daerah ini, wisatawan tak akan pernah bosan karena ada hamparan hijau perkebunan teh yang dapat dirasakan sepanjang jalan untuk menyegarkan mata. Ini adalah sebuah candi yang tentunya unik untuk disambangi sebab mempunyai patung berupa alat kelamin laki-laki atau yang disebut juga sebagai kalacakra.

Kecuali dari keunikan hal yang demikian, pengunjung juga akan mendapati petilasan Ki Ageng Krincingwesi di rumit ini, beliau diketahui sebagai leluhur Dusun Cetho. Didirikan di lahan berundak, candi ini mempunyai selasar yang jumlahnya ada sebelas di mana tiap selasarnya malahan diciptakan seunik mungkin. Candi Cetho yakni salah satu dari peninggalan Kerajaan Majapahit yang letak persisnya ada di atas pekebunan teh Kemuning dan lereng Gunung Lawu dan setibanya di lokasi ini, pelancong akan dipuaskan dengan kesegaran hawanya yang tak terkira.

2. Puncak Gunung Lawu

Apabila mempunyai peluang untuk menapakkan kaki di Karanganyar, karenanya Puncak Gunung Lawu ialah yang semestinya diselidiki, lebih-lebih pagi para pecinta alam dan yang gemar hiking. Perbatasan antara Kabupaten Magetan Jawa Timur dan Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah-lah jalanan pendakian yang dapat dijelajahi. Kalau benar mau menjalankan pendakian, karenanya seluruh persiapan semestinya telah matang sebab kegiatan semacam ini tak boleh disepelekan.

Pendakian lazimnya akan diawali dari pos yang ada di Cemoro Sewu dan kesudahannya akan berada di Cemoro Sangkar. Terdapat toko-toko yang dapat dikunjungi untuk mengisi perut lebih dahulu sebelum mendaki. Kerja pendakiannya sendiri bisa dilaksanakan di malam hari dan nantinya diinginkan dapat hingga puncak di pagi harinya untuk menerima panorama sang surya terbit yang cantik. Hal ini dikarenakan estimasi waktu pendakian ialah 8-9 jam untuj trek Cemoro Sangkar dan 6-7 jam untuk jalanan Cemoro Sewu.

3. Pemandian Sapta Tirta Pablengan

Sempatkan untuk datang ke pemandian satu ini untuk menerima waktu hening dan rileks selama di Karanganyar. Terletak di Kecamatan Matesih, Pemandian Sapta Tirta ini dapat ditemukan di Desa Pablengan. Seperti namanya, memang lokasi ini mempunyai tujuh buah sumber mata air yang rasanya tak sama antara satu dengan sumber air lainnya. Uniknya, padahal dapat berbeda rasa, ketujuh lokasi sumber mata air ini berada di satu zona.

4. Candi Sukuh

Untuk candi satu ini sesungguhnya lokasinya tidaklah jauh dari Candi Cetho dan tak keok mengasyikan dan unik untuk dikunjungi dari Candi Cetho. Objek wisata candi sekuh ini berlokasi di ngargoyoso, jangan heran jikalau datang ke sini dan menemukan patung-patung yang bertema erotis sama halnya dengan yang ada di Candi Cetho. Cuma saja, tiap-tiap patung di candi ini tak didirikan secara sembarangan tanpa makna; sejumlah literatur pating yang terdapat di Candi Sukuh menyimbolkan kesuburan.

Keunikan lainnya yang tidak semestinya untuk dilewatkan dari Candi Sukuh yakni wujud bangunannya yang tampak berbeda dengan candi-candi lain yang ada di tanah air. Hebatnya lagi, dikenal bahwa struktur candi ini justru mempunyai kemiripan dengan bangunan suku Maya yang terdapat di Meksiko serta suku Inca yang ada di Peru. Berdasarkan sejarahnya, temuan candi ini merupakan oleh residen Surakarta di tahun 1815 dalam kondisi ambruk dan Dinas Purbakala-lah yang menjalankan pemugaran di tahun 1928.

5. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu yaitu Tamasya alam yang sepatutnya untuk didatangi selama berwisata di Karanganyar ialah Grojogan Sewu di mana objek liburan yang paling dibanggakan di sini yaitu air terjunnya. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, objek tamasya satu ini mempunyai sekitar 1.250 buah hati tangga yang sepatutnya dilalui oleh para pengunjung untuk demi hingga ke lokasi. Bila berminat, cobalah untuk datang ke zona Hutan Tamasya Grojogan Sewu sebab air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Lawu ini menawarkan kesegaran dan panorama alam yang amat cantik hati.

Air terjun setinggi 80 meter ini dapat menjadi salah satu titik unggulan karena bunyi air terjunnya yang bergemuruh benar-benar nikmat didengar. Tetapi, senantiasa waspada dalam perjalanan naik ke atas karena di hutan yang lebat ini hiduplah banyak simpanse liar yang sering merebut ransel yang dibawa oleh para pengunjung. Banyak toko makan yang dapat ditemukan di wilayah ini sehingga tak perlu kuatir saat telah mulai lapar dan mau mengisi kekuatan.

6. Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort dan Sekipan

Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort dan Sekipan Cukup dekat dari Grojogan Sewu, ada Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort dan Sekipan yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan kesibukan kemping di alam terbuka yang menawan. Umumnya memang lokasi ini dipakai oleh para siswa sekolah untuk kemping, pun juga para mahasiswa, melainkan daerah ini bahkan senantiasa terbuka bagi pelancong atau pengunjung biasa yang berharap berkemping ria. Kesegaran di lokasi ini serta panorama pohon pinus yang menawan dapat juga dirasakan tanpa semestinya menginap atau kemping di zona ini.

Bagi para pelancong yang masih asing dengan lokasi bumi perkemahan ini karenanya tentunya tak akan gampang menjangkaunya. Untuk itu, jangan malu bertanya pada warga sekitar akan BuPer Sekipan dan mereka akan memberitahu serta memberi arahan para pengunjung untuk menuju ke arah yang benar. Konsisten perlu membawa sweater meski memang hawa pada malam hari tidaklah sedingin yang mungkin banyak orang bayangkan.

7. Perkebunan Teh Kemuning

Perkebunan Teh Kemuning yakni Daerah tamasya selanjutnya yang tak keok mengasyikan untuk dikunjungi yaitu Perkebunan Teh Kemuning yang betul-betul betul-betul menyejukkan dengan segala lokasi yang berwarna hijau. Ternyata, untuk bertamasya ke perkebunan teh tidaklah seharusnya ke puncak Bogor sebab di Karanganyar malah dapat dijumpai. Kecuali menawannya pemandangan di perkebunan teh ini, lokasi ini juga dihasilkan sebagai daerah ber-aero sport paralayang. Jadi untuk yang mempunyai kegemaran kesibukan pemacu adrenalin seperti ini, yakni tepatnya di Venues Bukit Paralayang yang lokasinya ada di Dusun Segoro, Gunung Kemuning dapat dikunjungi.

Melainkan cukup mengasyikan juga cuma berjalan-jalan memutari kebun yang mempunyai luas 438 hektar ini. Tersedia jalan setapak yang dapat diciptakan jalanan untuk pelancong berjalan dan para pemetik teh. Ada sebagian bukit yang mempunyai tanaman teh seperti yang umum kita tonton di Teletubbies dan seandainya diamati dari bawah karenanya penglihatan kita malahan akan disegarkan oleh gundukan tanaman teh. Jangan lupa untuk membawa kamera agar dapat mengabadikan menawannya alam kebun teh. Malah para pengunjung juga diizinkan untuk memetik teh yang dapat dibawa pulang

8. Agrowisata Sondokoro

Lokasi Agrowisata Sondokoro berada di dekat kota Karanganyar, pelancong bisa menemukan sebuah pabrik gula yang berada di bawah PTPN IX Jawa Tengah yang bernama Pabrik Gula Tasikmadu dan dikenal menjadi salah satu pabrik peninggalan Belanda. Agrowisata Sondokoro inilah yang dibuka oleh manajemen PTPN IX di wilayah Pabrik Gula Tasikmadu yang bisa dikunjungi oleh keluarga selama tamasya di Karanganyar. Seandainya ditanya apa saja yang ditawarkan oleh agrowisata ini, tentu ada banyak tipe fasilitas permainan yang bisa dirasakan, seperti halnya waterboom dan flying fox serta wahana dan atraksi lainnya yang pasti menambah keseruan kunjungan di daerah ini.

Kecuali dari wahana flying fox serta bermain di waterboom, pengunjung malahan dapat secara puas mengitari wilayah agrowisata dengan mengendarai kereta tua yang terbilang antik dan unik. Untuk para wisatawan yang ingin merasakan sensasi nikmatnya terapi ikan, wajib datang ke objek wisata keluarga Agrowisata Sondokoro sebab daerah ini juga menyediakan kolam berisi ikan yang dimanfaatkan untuk terapi ikan.

9. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo pelancong tentunya masih belum terlalu mengetahui air terjun ini sebab wilayah ini termasuk objek liburan anyar yang baru dalam pengerjaan pengembangan sehingga banyak yang belum terkenal. Apabila bertamasya di Karanganyar dan berkeinginan mencoba memperhatikan panorama Air Terjun Parang Ijo, boleh seketika ke Kecamatan Ngargoyoso, tepatnya di Desa Girimulyo. Mempunyai tinggi kurang lebih 20 meter, air terjun ini sesuai untuk diciptakan lokasi liburan alam terunggul. Dalam progres menuju air terjun ini, para pelancong perlu menuruni tebing dan ada taman hijau nan menawan juga yang dapat dilalui. Seandainya dibandingi dengan Grojoga Sewu memang air terjun ini menonjol lebih kecil, tapi sebab diantar tanaman-tanaman yang apik dan lebat, karenanya pengunjung akan menikmati suasana yang berbeda selama di sini.

10. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Karanganyar memang familiar akan tamasya alamnya dan satu lagi yang dapat dimasukkan ke daftar destinasi, ialah Air Terjun Jumog yang ada di Kecamatan Tawangmangu Ngargoyoso. Berlokasi di lereng Gunung Lawu, air terjun yang ada di desa Berjo ini memberikan kesegaran luar awam bagi tiap pengunjungnya yang datang untuk refreshing. Cuma saja, dalam perjalanan untuk memandang segera air terjun ini, pengunjung sepatutnya siap untuk menaiki sekitar 116 buah hati tangga yang tentunya memerlukan jasmani yang kuat dan tenaga yang besar.

11. Astana Giribangun

Astana Giribangun yakni objek liburan yang jarang juga dikenal oleh orang, yaitu Astana Giribangun yang adalah daerah dimakamkannya Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. Rumit pemakaman keluarga ini berada di Kecamatan Matesih, tepatnya ada di desa bernama Girilayu. Daerah ini malah telah diterapkan untuk memakamkan Ibu Tin Soeharto jauh sebelum wafatnya Bapak Soeharto. Bagi penggemar beliau atau pengunjung yang berharap mengenang jasa-jasa Soeharto sebagai presiden Indonesia pada masa Orde Baru, boleh datang ke makam ini untuk berziarah.

12. Wisata Tubing Goasari Ngargoyoso

Tamasya Tubing Goasari Ngargoyoso Di Indonesia, terutamanya di Karanganyar, para pelancong juga dapat melaksanakan kegiatan tubing, ialah kesibukan penyusuran sungai dengan memanfaatkan ban; sesudah mengenakan baju keselamatan komplit, pengunjung bisa duduk di atas ban sebelum meluncur di atas air sungai. Helm dan pelampung akan siap melindungi pengunjung yang menaiki ban dalam penyelidikan sungai ini. Datanglah seketika ke Kecamatan Ngargoyoso, terpenting di desa bernama Punthukrejo untuk merasakan kesibukan mengasyikan ini.

Demikianlah serangkaian daerah tamasya di Karanganyar yang terbukti benar-benar asyik walau sebagian objek belum banyak terekspos. Mulai dari liburan alam sampai tamasya sejarah akan memberikan kepuasan tersendiri terhadap tiap pelancong

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *