14 Tempat Wisata Bagus di Kebumen

Posted on

Kebumen menjadi salah satu destinasi unggulan di Jawa Tengah dengan obyek tamasya yang cukup bermacam, secara khusus destinasi liburan pantai yang tersebar di sebagian kawasan. Hal ini tak terlepas dari situasi kawasan Kebumen yang berbatasan dengan Samudera Hindia pada sisi sebelah selatan. Sementara pada komponen utara, Kebumen berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara. Dimana panjang garis pantai di kawasan Kebumen hampir menempuh 53 kilometer.

Dapat dikatakan daerah liburan di Kebumen lebih didominasi oleh obyek tamasya pantai. Walaupun banyak tamasya pantai di Kebumen, melainkan bukan berarti Kebumen minim potensi liburan lainnya. Mulai dari air terjun, daerah bersejarah sampai daerah rekreasi keluarga dapat kau dapatkan di sana. Untuk merencanakan tamasya mengasyikan dan menyenangkan, berikut ini yaitu daftar saran daerah liburan di Kebumen yang sedang hits dikunjungi pelancong.

1. Waduk Sempor

Waduk Sempor adalah salah satu destinasi hits di Kebumen. Dengan luas menempuh 275 hektare, Waduk Sempor mempersembahkan panorama alam yang demikian itu memikat. Apalagi kalau estetika alamnya dirasakan dari ketinggian Bukit Kedoyo Sempor yang berada di sisi barat tenaga.

sebab pemerintah setempat bersama warga bersama sama membangun fasilitas untuk bisa dikunjungi pelancong, barulah banyak orang berbondong bondong ke lokasi ini. Rupanya disini pengunjung dapat memandang view alam yang luar lazim menawan, duduk di gubuk diantar segelas kopi dan makanan khas mendoan menciptakan tamasya lebih enak. Seandainya kau berada di kebumen, kau dapat mengunjungi lokasi tamasya waduk ini dengan tarif yang amat murah.

2. Jembangan Wisata Alam

Obyek tamasya di Kebumen ini diminati sebab eksistensi telaga yang dikelilingi oleh rindangnya hutan hijau. Panorama zona sekitar menjadi tenaga tarik tambahana bagi pelancong. Di sana kau dapat bersantai sambil merasakan suasana alam menyejukkan.

Tamasya Alam Jembangan dilegalkan pada tahun 2011 oleh Bupati Kebumen yakni H.Buyar Winarso, S.E, sebagai salah satu destinasi pariwisata di Kebumen. Liburan Alam Jembangan ialah obyek liburan danau atau telaga, dan di komponen ujung telaga ini dimanfaatkan sebagai bendungan air adalah bendungan Pejengkolan, terusan pintu air komponen timur dari waduk Wadaslintang yang berada di Kabupaten Kebumen.

Obyek liburan jembangan mempunyai pemandangan atau panorama danau atau telaga yang mempunyai warna kehijauan dan dipadukan dengan cantiknya hijau pohon-pohon hutan yang memutari danau atau telaga. Kecuali itu ada sebagian titik yang pantas untuk melaksanakan berfoto bagi para kaula muda salah satunya ialah dua buah jembatan merupakan jembatan Gantung dan jembatan waduk Pejengkolan. Letak kedua jembatan ini agak jauh dari wilayah utama telaga Jembangan.

3. Wisata Bukit Pentulu Indah

Sekiranya di Kulonprogo ada Kalibiru yang fenomenal, karenanya di Kebumen ada Bukit Pentulu Cantik dengan estetika alam dari ketinggian layaknya di Kalibiru. Titik foto yang amat menarik menjadi salah satu magnet bagi pelancong untuk mengunjungi daerah liburan ini. Instagramable banget pokoknya!

Liburan perbukitan dengan menghadirkan titik-titik foto unik dan kekinian memang lagi menjadi popularitas ketika ini. Banyak muda-mudi yang berbondong datang untuk mengabadikan foto yang instagramable untuk nantinya dishare di akun media sosial mereka, seperti Instagram dan facebook. Nah, di Bukit Pentulu Cantik ini tidak keok unik dan instagramable. Anda dapat menemukan sebagian titik foto unik yang pastinya akan membikin hasil foto anda benar-benar kekinian. Ditambah dengan latar balakang perbukitan yang hijau, membikin foto yang dibuat kian kece.

4. Goa Jatijajar

Destinasi tamasya ini senantiasa hits di sosial media dengan sebagian foto patung dinosaurus di depan goa ikonik sebagai simbol tamasya Jatijajar. Dari mulut patung keluar air yang dimanfaatkan masyarakat untuk pengairan sawah. Goa ini mempunyai panjang lorong sekitar 250 meter dengan lebar 15 meter dan ketinggian 12 meter.

Berdasarkan sejarah Goa Jatijajar Jawa Tengah yang ada, lokasi gua pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang bernama Jayamenawi pada tahun 1802. Mulanya petani itu bermaksud untuk merumput di lahan sawahnya yang berada ideal diatas gua, ketika berkeinginan mengambil rumput tiba-tiba ia jatuh dan terjerembab kedalam gua yang rupanya lubang jatuhnya itu yakni ventilasi gua yang lokasinya dilangit-langit.

Sesudah kejadian itu, ia melaporkannya ke pihak Pemerintah setempat. Selang sebagian waktu Bupati Ambal yang waktu itu bertugas, datang untuk meninjau lokasi. Setibanya disana pandangan beliau tertuju pada dua pohon jati yang paralel yang berlokasi ditepi mulut gua. Oleh sebab itu gua hal yang demikian dikasih nama Goa Jatijajar.

5. Goa Barat

Lokasi liburan Goa Barat tak terlalu jauh dari Goa Jatijajar, tetapi estetika yang ditawarkan oleh goa ini demikian itu memikat. Setidaknya butuh waktu 3 jam untuk menjelajahi estetika goa dengan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan ini. Tak cuma itu, di ujung penjelajahan kau akan mendapati pesona air terjun Superman’s Big Sister yang eksotis. Untuk menjelajahi gowa barat ada pantasnya kau ditamani oleh pamandu setempat supaya kesibukan caving lebih mengasyikan dan menyenangkan.

Tamasya Goa barat yakni liburan alam cukup menantang dan ekstrim, sebab Liburan Goa barat ini mempunyai kedalaman yg belum dapat diatur, tapi baru 6,1 km telah dipetakan. Sehingga daerah tamasya ini telah cukup aman untuk dieksplor. Hening saja untuk masuk kedalam goa kalian akan diantar oleh seseorang pengelola yang telah terbiasa menemani para pelancong yang berharap mengeksplor dan menyusuri goa barat ini. Tiap pemandu akan menunjukan daerah – daerah yang keren untuk kalian mengabadikan lewan foto, serta pemandu juga akan membeberkan seputar sejarah yang pernah ada di liburan goa barat ini.

6. Goa Petruk

Goa ini lokasinya tak seperti itu jauh dari Goa Jatijajar. Dengan wujud bebatuan stalaktit dan stalakmit unik menyerupai tokoh punokawan, kau akan menelusuri kedalaman gowa sekitar 664 meter ini. Jangan kuatir dengan sudut-sudut yang mendebarkan, sebab pemandu akan mendampingimu dalam menjelajahi goa dengan kelengkapan yang sudah disediakan.

Goa Petruk sebetulnya mempunyai tiga komponen, Guys! Nah untuk komponen pertama atau tepatnya berada di lantai satu, cuma akan terdapat kelelawar dengan bau yang nggak enak dan juga berterbangan. Untuk di lantai kedua, diberikan nama Goa Semar. Nah disini nantinya para pengunjung akan disuguhi oleh panorama dari bebatuan yang menawan nan memikat. Pun Guys! Adapula yang mengatakan, saat masuk ke Goa Petruk laksana mengamati estetika alam yang tiada tara, nggak ada bandingannya sama daerah menawan manapun apalagi terdapat batu stalaktit dan stalagmit yang memikat. Kemudian untuk Goa yang terakhir, nah inilah yang disebut Goa Petruk, mengapa disebut Petruk? Dikarenakan dalam Goa hal yang demikian terdapat batu yang memiliki format seperti hidungnya Petruk. Tapi sayang sebab ulah kolonial Belanda dikala melaksanakan penebangan phosfat, karenanya hidung Petruk yang menjadi logo dari Goa malah putus.

7. Kedungdowo Adventure Park

Bagi kau yang mau merasakan suasana wisata dengan aktivitas petualangan yang menyenangkan, karenanya obyek tamasya ini dapat menjadi solusinya. Kedungdowo mengawali pariwisata secara serius pada 2015, dengan nama Kedungdowo Adventure Park. Seperti namanya, konsep yang ditawarkan di sini ialah liburan petualangan. Pengelola liburan menyediakan sebagian wahana permainan outbond, umpamanya flying fox.

Kecuali menyuguhkan tamasya-liburan alam di Kedungdowo Adventure Park juga menyuguhkan website tamasya religi. Salah satunya yaitu petilasan mbah Rantansari salah satu leluhur yang cukup familiar di Kebumen, makam mbah Kyai Kendilwesi, dan juga makam2 leluhur dari desa ini dan tempat sekitar Kebumen. Kadang banyak orang yang berziarah ke makam ini untuk mendoakan arwahnya, atau ingin menerima barokah.

8. Alian Buttrefly Park

Berbeda dengan liburan alam lainnya di kabumen, destinasi ini pantas bagi siapa saja yang ingi mengetahui lebih jauh perihal aneka ragam kupu-kupu. Di sana kau akan mendapati sebagian taman kupu-kupu dan koleksi serangga lainnya yang diawetkan. Ajaklah si kecil untuk memandang koleksi kupu-kupu yang cukup komplit di daerah ini.

Alian Butterfly Park akan diluncurkan pada 11 Juni 2015, dan dibuka untuk lazim pada 1 Juli 2015. Konsep pembangunan taman kupu-kupu ini didasarkan pada realita, di sebagian kawasan Kebumen terbukti menjadi daerah atau habitat bermacam-macam variasi kupu-kupu. Dari hasil identifikasi, di Kebumen terdapat sekitar 175 macam. Sebagian di antaranya adalah macam kupu-kupu dengan skor estetika tinggi, seperti troides helena, papilio memnon, dan losaria coon.

Taman tamasya dilengkapi dengan wahana taman kupu-kupu hidup, museum koleksi awetan kupu-kupu dari semua kepulauan nusantara dan ruang audio visual pemutaran film dokumenter. Fasilitas hal yang demikian masih disupport dengan sangkar- sangkar penangkaran, bagus tertutup ataupun terbuka yang dibangun di atas areal seluas 30.000 m2.

9. Pemandian Air Panas Krakal Alian

Berenang sembari menenangkan diri dengan sistem relaksasi tepat sasaran dapat dengan gampang dilaksanakan dikala kau mengunjungi pemandian air panas Krakal. Di lokasi tamasya ini kau dapat merasakan aliran air natural yang tepat sasaran untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga lebih menyehatkan. Dengan fasilitas yang cukup mamadai kau dapat merasakan kesibukan wisata dengan metode yang menyenangkan.

Pemandian Air Panas Krakal berasal dari sumber mata air panas natural yang tak pernah kering sepanjang tahun. Terdapat sebagian mata air panas melainkan cuma 2 mata air yang diterapkan untuk pemandian air panas. Kandungan garam mineral yang terkandung cukup tinggi sehingga bisa menyehatkan tubuh.

Pemandian air panas krakal terbukti mempunyai sejarah yang unik pada masa lampau. Bermula dari kisah seorang penggembala yang kehilangan binatang gembalaannya yang sakit kulit kemudian mendadak sembuh saat ditemukan di arealmata air krakal.

10. Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Taman kota yang menjadi salah satu ikon Kebumen ini yakni daerah unggulan masyarakat untuk merasakan suasana kota Kabumen. Suasana taman akan kian ramai memasuki malam hari sebab terdapat hot titik dan taman bermain si kecil yang menjadi favorit obyek liburan ini. Kecuali itu daerah ini juga banyak diciptakan sebagai lokasi nongkrong bagi remaja setempat.

Liburan Taman Kota Jendral HM Sarbini di Kebumen Jawa Tengah amat sesuai untuk mengisi kesibukan tamasya anda, apalagi ketika wisata panjang seperti libur nasional, maupun hari ibur lainnya. Estetika Liburan Taman Kota Jendral HM Sarbini di Kebumen Jawa Tengah ini sangatlah bagus bagi anda seluruh yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi daerah Tamasya Taman Kota Jendral HM Sarbini di Kebumen Jawa Tengah di kota kebumen.

Liburan Taman Kota Jendral HM Sarbini di Kebumen Jawa Tengah yakni daerah liburan yang semestinya anda kunjungi sebab pesona keindahannya tak ada duanya. Penduduk lokal tempat kebumen juga benar-benar ramah tamah kepada pelancong lokal ataupun pelancong asing.

11. Gading Splash Water

Obyek liburan Kebumen ini tak cuma menyediakan fasilitas berupa kolam renang dengan design artistik namun juga sebagian fasilitas penyokong lainnya yang cukup komplit. Mulai dari wahana permainan air, fasilitas gym, sauna, taman bermain si kecil, mushola, zona parkir, kamar mandi, sampai resto dengan menu yang menggugah selera.

Tamasya Gading Splash Water di Kebumen Jawa Tengah memiliki pesona estetika yang demikian itu menarik untuk dikunjungi. Semacam di sayangkan sekiranya anda ada di kota Kebumen tidak berkunjung ke Tamasya Gading Splash Water di Kebumen Jawa Tengah yang mempunyai estetika yang tak ada duanya itu..Liburan Gading Splash Water di Kebumen Jawa Tengah semacam itu tepat untuk isi kegiatan bertamasya anda, terpenting waktu berwisata panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur yang lain. Estetika Tamasya Gading Splash Water di Kebumen Jawa Tengah ini benar-benar bagus untuk anda semuanya yang ada di dekat atau dari kejauhan untuk merapat berkunjung ke daerah Liburan Gading Splash Water di kota Kebumen.

12. Hutan Mangrove Logending

Eksistensi hutan mangrove dengan perbukitan karst di sekitarnya menjadi andalan utama di obyek tamasya ini. Tak heran, seandainya lokasi ini senantiasa hits dikunjungi oleh pelancong. Terdapat juga gardu pandang yang banyak diburu pengunjung untuk mencari titik foto menawan di atas ketinggian bukit.

Pengunjung bisa memandang-lihat dan meng explore estetika wilayah hutan mangrove ayah hal yang demikian sesudah membayar karcis masuk dengan harga yang cukup relatif murah 5000/orang. Seandainya berkeinginan berfoto dan jalan jalan disekitar hutan mangrove ayah hal yang demikian, kami sarankan supaya datang pagi hari atau petang hari saja, sebab terik sang surya tak menyilaukan dan waktu hal yang demikian ialah moment tepat buat menghasilkan gambar yang apik.

Pada dikala lebaran, tamasya ini ramai dikunjungi pelancong lokal dari masyarakat di sekitar kabupaten Kebumen. Di lokasi tamasya Mangrove ini, pelancong dapat memperhatikan secara seketika rimbunnya hutan mangrove. Pelancong juga dapat menelusuri hutan mangrove dengan mendayung mengaplikasikan kano.

Tetapi pengelolaan objek tamasya ini belum dilaksanakan secara profesional. Pelayanan nampaknya masih dikelola oleh sebagian klasifikasi masyarakat dan individu. Seumpama pelayanan perahu antar jemput pelancong ke lokasi tak jarang tak terkoordinasi antar pengelola. Hasilnya sering kali terjadi salah mengerti antara pelancong dengan pengemudi perahu yang minta dua kali ongkos.

13. Benteng Van der Wijck

Untuk melengkapi acara liburanmu, tak ada salahnya mengunjungi Benteng Van der Wijck yang sarat akan sejarah masa lampau. Bangunan bernilai sejarah ini yakni peninggalan Belanda yang masih betul-betul terawat dan berdiri kokoh sampai ketika ini. Bangunan ini pada mulanya didirikan untuk meredam konfrontasi Diponegoro dan pasukannya. Untuk dikala ini beberapa rumit bangunan difungsikan sebagai Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. Sementara pada komponen lainnya dibuka untuk obyek liburan dengan fasilitas taman bermain dan kereta mini sebagai komplemennya.

Mungkin ini satu-satunya di Indonesia dimana pengunjung dapat menaiki kereta di atas benteng. Dari atas benteng pengunjung dapat menyaksikan prajurit yang tengah berlatih di lapangan tidak jauh dari rumit benteng. Cukup membayar karcis Rp 5000 per orang, pengunjung dapat menaiki kereta mini selama kaprah-kaprah 15 menit. Meski panorama sekitar tak spektakuler, tetapi sensasi menaiki kereta di atas benteng cuma dapat Anda peroleh disini.

14. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Eksistensi Cagar Alam Geologi Karangsembung ini tentu banyak memberikan manfaat dalam dunia pengajaran dan penelitian. Daerah ini disebut-ucap sebagai salah satu lokasi dengan macam batuan terlengkap di muka bumi. Tak heran sekiranya lokasi ini banyak dikunjungi oleh pelancong yang mau mengenal lebih dekat fenomena geologi yang terjadi sampai menyusun patahan dan formasi batuan yang sungguh-sungguh pelbagai.

Kecuali mempelajari seputar bebatuan anda juga bisa membeli sebagian batu akik perhiasan yang berasal dari sungai Luk Ulo sebagai cinderamata, batu akik yang berasal dari sungai Luk Ulo yakni batu akik dengan kwalitas yang keras dan yaitu batu yang berumur tua, sehingga warna batu hal yang demikian akan lebih pekat seandainya diperbandingkan dengan batu akik yang berasal kecuali dari sungai Luk Ulo. Anda juga bisa menemui sebagian warga yang yaitu pengrajin batu akik, kecuali pengrajin batu akik, pelbagai pengrajin batu juga bisa anda temui di desa Karangsambung antara lain pengrajin batu koral sikat, pengrajin batu taman dan lain-lain.

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *