24 Tempat Wisata Klaten Terbaru Dan Populer

Posted on

Klaten ialah sebuah Kabupaten di Jawa Tengah, Kabupaten ini mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengenal akan estetika dan daerah keren yang ada di Klaten. Klaten punya banyak Titik obyek tamasya keren, mulai dari Web kebiasaan, laman bersejarah, titik foto foto kekinian , hingga air terjun yang benar-benar memanjakan mata.

Bila Anda punya agenda untuk berwisata ke Klaten, Jangan kuatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak liburan opsi untuk Anda dikunjungi. Selama ini jikalau ke Klaten tenar dengan umbulnya, tapi terbukti Klaten ini juga mempunyai banyak daerah-daerah tamasya alam yang keren yang tidak keok dengan liburan di Semarang, Jogja maupun kota besar lainnya.

1. Candi Sewu

Candi Sewu juga mempunyai sejuta estetika dan legenda yang pastinya akan membikin pengetahuan kita bertambah dan kian meningkat. Candi ini dibangun sekitar abad ke 8 Masehi dengan arsitektur unik yang yakni perpaduan dari candi Hindu dan candi Buddha. Letak Candi Sewu sendiri berlokasi di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Berlokasi di sebelah Candi Prambanan, membikin wilayah ini menjadi tenar, jarak yang ada kurang lebih 800 meter.

Candi Sewu ini hakikat dari asalnya bernama asli Candi Prasada Vajrasana Manjusrigrha, nama hal yang demikian ditemukan di dua prasasti yang ada, ialah Prasasti Kelurak tahun 782 Masehi dan Prasasti Manjusrigrha tahun 792 Masehi. Prasada mempunyai arti kuil atau candi, meski Vajrasana adalah sebuah daerah wajra (halilintar/intan) untuk bertahta dan Manjusrigrha ialah rumah bagi Manjusri yang ialah Bodisatwa agama Budha. Dari arti nama hal yang demikian bisa dikenal bahwa Candi Sewu menjadi sentra agama Buddha pada masanya.

Sesudah dinasti Sanjaya berkuasa rakyatnya konsisten menganut agama sebelumnya. Adanya candi Sewu yang bercorak buddha berdampingan dengan candi Prambanan yang bercorak hindu memperlihatkan bahwa semenjak zaman dulu di Jawa umat Hindu dan Buddha hidup secara harmonis dan adanya toleransi beragama. Sebab keagungan dan luasnya rumit candi ini, candi Sewu diduga ialah Candi Buddha Kerajaan, sekalian sentra aktivitas agama buddha yang penting pada masa lalu.

2. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten memang unik nan berbeda. Daerah ini dapat kalian kunjungi di kala wisata. Umbul Ponggok Klaten ini dahulu hakekatnya yaitu sebuah sumber mata air natural yang berbentuk kolam. Tetapi sebab semakin hari makin populer, kini ini liburan Umbul Ponggok yang ada di Klaten ini kemudian dimaksimalkan menjadi daerah tamasya yang keren dan nyaman. Sehingga walhasil kini menjadi lumayan tenar di Klaten dan sekitarnya.

Memang, seandainya diperhatikan dari kedalamannya, kolam renang ini memang pantas untuk kesibukan ini. Bagus mulai dari fotografi yang professional, atau cuma pengunjung yang berkeinginan sekadar selfie dibawah air bersama ikan-ikan lucu. Kalian tentu berharap mencoba sensasi berfoto bawah air bareng ikan.

Tidak sedikit pula sahabat-sahabat mewujudkan sumber mata air yang sesungguhnya telah ada semenjak penjajahan sebagai lokasi foto prewedding bawah air. Oleh karena itulah, pihak pengelola liburan sengaja menyiapkan paket paket foto Umbul Ponggok Klaten khusus prewedding, komplit beserta properti, berjenis-jenis peralatan foto, make up seniman, kostum pasangan pengantin dan jasa fotografer.

3. Kebun Kamboja Klaten

Hutan Kamboja terletak di Taman Hutan Kamboja Klaten, Gayamprit, Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bila lazimnya pohon kamboja ditemukan di sekitar zona pemakaman, tapi di Klaten pohon hal yang demikian diwujudkan daerah tamasya. Hutan Kamboja yakni sebuah daerah usaha yang berlokasi di tempat Stadion Trikoyo. Tempatnya seperti itu unik dan menarik, sehingga Teman Sporto dapat menemukan titik antik saat akan mengambil foto.

Ada juga sebagian fotografer yang menyukai ke Hutan Kamboja untuk hunting karya cantik. Tak cuma dengan figur, sebagian di antaranya membidik bunga-bunga Kamboja yang sudah bermekaran. Hutan Kamboja juga menjadi serbuan banyak orang. Tak cuma untuk wisata, pengunjung dapat foto OOTD bareng dengan teman. Nah, kau yang berniat berkunjung ke Klaten bersama temanmu, jangan lupa mampir ya! Ingat, jika obyek liburan hal yang demikian lebih keren ketika petang hari sesudah pekerja telah meninggalkan hutan.

4. Candi Plaosan

Candi Plaosan dibangun pada pertengahan abad ke-9. Rumit candi ini terbagi menjadi dua komponen, merupakan Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi mempunyai selasar segi empat yang dikelilingi dinding daerah semedi berbentuh gardu di komponen barat serta stupa di sisi lainnya. Sebab kesamaan hal hal yang demikian, karenanya Candi Plaosan kerap kali disebut sebagai candi kembar.

Permukaan selasar di Candi Plaosan amat halus dan berbeda dengan selasar candi lain yang dibangun pada kurun waktu yang sama. Berdasarkan sebagian ilmuwan, dapat jadi dahulu selasar hal yang demikian dipakai sebagai vihara daerah beribadah umat Budha. Suasana candi yang hening dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan menghasilkan daerah ini pantas untuk berkontemplasi atau sekedar merenung dan merapikan ulang hidup.

Jikalau, dipandang secara teliti, Candi Plaosan mempunyai keistimewaan tersendiri. Meski Candi Plaosan ialah Candi Buddha, tapi secara arsitektur bangunan ini mempunyai campuran dengan Candi Hindu di indonesia.

5. Candi Lumbung

Candi Lumbung yakni salah satu candi Budha yang berada di rumit percandian Candi Prambanan, tepatnya di Dusun Tlogo, Prambanan. Total candi yang berada di lokasi ini yaitu antara lain terbagi dalam induk candi dan di kelilingi oleh enam belas candi perwara yang lainnya. Atap candi induk candi ini telah sirna, tetapi relief-relief yang terdapat di dindingnya masih terang terbaca. Candi utama ini tingginya 2,5 meter dan mempunyai 9 relung yang diterapkan sebagai daerah meletakkan arca. Sementara itu, 16 candi perwara yang menemaninya mempunyai tinggi 1 meter saja.

Pembangunan candi Lumbung pertama kali yaitu di perkirakan pada masa awal abad ke-9 dan saat itu yang berkuasa kerajaan mataram kuno. Candi Lumbung Candi yang menempati tanah dengan luas 545, 35 meter persegi ini memiliki 17 bangunan dengan diantaranya satu candi induk dan 16 candi perwara. candi ini masih menakjubkan dengan berjenis-jenis pahatan- pahatan dan relief yang terdapat didinding candi induk ini.

6. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan mempunyai gaya bangunan yang sama dengan Candi Prambanan, ramping dan tinggi. Tapi ada 1 hal mendasar yang membedakannya, kalau Candi Prambanan yaitu candi hindu, karenanya Candi Sojiwan yakni perkawinan antara candi hindu dan budha. Atap candi bersusun tiga. Pada tiap-tiap levelnya terdapat jajaran stupa kecil, walaupun di puncak candi terdapat stupa yang besar.

Padahal tak seterkenal Candi Borobudur dan Prambanan, tetapi Candi Sojiwan adalah sebuah candi yang unik. Candi ini berlokasi di tengah taman nan asri. Suasana taman dan sekililingnya yang asri dan juga sejuk menjadi tolok ukur penjaga tubuh candi hingga saat ini. Kecuali asri, rumit candi ini juga adem. Sebagian fasilitas telah sungguh-sungguh baik dan sesuai untuk diterapkan. Menemukan candi ini juga tidaklah susah sebab jalan masuk jalan yang amat terawat pula.

Objek wisata sejarah candi sojiwan ini terdapat di Desa Kebondalem Kidul, Kabupaten Klaten, padahal secara administratif masuk kawasan Jawa Tengah, lokasi Candi Sojiwan cukup dekat dengan Yogyakarta. Sekiranya datang dari arah Yogyakarta, Anda cukup belok kanan di lampu merah Gerbang Candi Prambanan.

7. Candi Bubrah

Candi Bubrah berlokasi di dalam Wilayah Tamasya Prambanan, ialah di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Tak banyak kabar yang didapatkan mengenai candi yang ketika ini tinggal berupa \’batur\’ (kaki candi) yang sudah rusak dan onggokan batu bekas dinding. Nama \’Bubrah\’ dalam bahasa Jawa berarti hancur acak-acakan.

Ukuran Candi Buddha tepatnya tak dapat diperoleh sebab reruntuhan candi ini dikelilingi pagar terkunci. Tinggi batur (kaki) candi sekitar 2 m. Sepanjang pelipit atas dihiasi dengan pahatan berpola simetris.

Candi ini memiliki ukuran 12 m x 12 m terbuat dari tipe batu andesit, dengan sisa reruntuhan setinggi 2 meter saja. Dikala pertama kali ditemukan masih terdapat sebagian patung Buddha, meskipun tak utuh lagi. Di komponen barat candi terdapat susunan lain batu-batu candi, entah apakah itu batu candi induk atau candi perwara.

8. Candi Merak

Candi Merak yang berada di padukuhan Candi memang menjadi destinasi liburan sejarah andalan.Candi yang mempunyai ukuran panjang 8,86 meter , lebar 13,5 meter dan tinggi 12 meter itu dikala ini kelihatan menawan dan menakjubkan keadaannya manakala diperbandingkan dengan ketika sebelum dipugar dahulu.

Sampai ketika ini pelancong yang berkunjung didominasi buah hati-buah hati sekolah dari kawasan kabupaten Klaten dan rata –rata perminggu menempuh seratus orang buah hati.

Berdasarkan pantauan kontributor klaten informasi, ketika ini belum tersedia lahan parkir kendaraan yang memadai utamanya bagi roda empat.Tapi berdasarkan Kuswantono hal ini telah ada dalam pemikiran kedepan akan diusahakan pembebasan lahan supaya lahan parkirnya aman dan nyaman, demikian penuturannya sambil mengakhiri diskusi.

Terwujud dari sebuah candi induk dan tiga buah candi perwara. Dikala dipugar candi indur telah berbadan separo adapun atapnya masih berupa rekonstruksi. Ketiga perwaranya memandu candi induk. Di bilik candi induk terdapat sebuah Yoni dan juga Arca Ganesha yang juga terdapat arca Durga yang berada di relung candi. Adapun sebuah hiasan makara pada tangga yang bagus dan relief yang berada di komponen samping candi.

9. Candi Gana

Candi Gana yaitu salah satu dari 4 buah candi yg memutari Candi Sewu. Tepatnya candi ini berada di sebelah timur Candi Sewu.Latar belakang sejarah caandi ini diperkirakan bercorak Buddha adalah dengan adanya susunan batu yg dibentuk menyusun stupa. Candi ini telah dikenal semenjak jaman belanda dan upaya untuk pemugaran kembali candi ini cukup susah dikarenakan telah banyak batu2 candi yg sirna.

Situasi candi gana cuma tinggal reruntuhan batu saja, namun batu2 hal yang demikian telah dikategorikan. Candi ini mempunyai banyak relief dan arca yang terkait dengan hewan. Ada sebuah arca tanpa kepala yang yakni dekorasi sebuah talang air. Arca hal yang demikian berwujud seperti burung, kemungkinan arca hal yang demikian berupa kinara-kinari.

Walau candi Gana ini telah roboh dan yang ketinggalan cuma batu-batu dan pondasi yang hancur, akan namun kita semestinya berbangga dan konsisten menjaga supaya web warisan seperti ini konsisten dapat kita jaga hingga kapan saja.

10. Rowo Jombor

Waduk Rawa Jombor ialah sebuah rawa natural yang berlokasi di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Waduk ini mempunyai luas ± 198 ha yang difungsingkan sebagai lahan budidaya perikanan oleh masyarakat sekitar dan sebagai penampungan air untuk mengairi sawah mereka. Waduk Rawa Jombor ini mempunyai tenaga tarik sebagai tamasya alam lebih-lebih bagi penggemar fotografi.

Masakan merupakan kesibukan utama yang dilaksanakan di objek liburan ini. Rumah makan apung menjadi kekuatan tarik utama bagi mereka yang berkunjung. Uniknya untuk menuju rumah makan ini Anda akan ditemani menerapkan getek yang diberikan pelampung dari drum. Operator getek akan berbahagia hati menemani Anda ke rumah makan apung opsinya. Menu yang dihidangkan juga tidak keok istimewa. Biasanya menu yang ada berupa olahan ikan air tawar dari Waduk Rowo Jombor.

Daerah WIsata Terindah – Satu lagi daerah tamasya unik yang ada di Kabupaten Klaten yang telah banyak dikunjungi pelancong. Daerah tamasya unik ini merupakan Toko Apung Rowo Jombor Klaten. Kios Apung Rowo Jombor Klaten dikala ini menjadi saah satu tamasya air favorit di Kabupaten Klaten. Pada hari Pekan dan hari libur banyak sekali warga Klaten dan sekitarnya yang meluangkan datang untuk merasakan tamasya masakan sajian kuliner air tawar di Toko Apung Rowo Jombor Klaten.

11. Hutan Kota Gergunung

Hutan ini berada ditengan kota Klaten dengan beragam tanaman secara khusus tanaman buah yang sengaja ditanam di lokasi ini. Tiap-tiap tanaman yang ditanam di hutan kota ini juga diertai dengan nama ragam tanamannya. Jadi Anda dapat mengenal tipe-variasi tanaman yang ada disini. Hutan Gergunung ini benar-benar besar dan luas sekali.

Daerah ini sesuai buat acara keluarga jadi anda dapat mengajak keluarga anda untuk merasakan kebersamaan di hutan kota ini, si kecil kecil sesuai buat di ajak kesitu sebab disediakan daerah bermain untuk si kecil-buah hati,sekiranya anda hanya mau ngobrol bersama sahabat juga dapat.

Berdasarkan pengelola taman, Hutan Gergunung ini kini menjadi destinasi liburan keluarga bagi warga dan Klaten. Tiap hari, puluhan warga mengunjungi taman ini. Sedang pada ketika tamasya, jumlah pengunjung dapat menempuh ratusan. Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri malah tak perlu merasa cemas sebab tersedia zona parkir yang luas untuk anda memarkirkan kendaraan anda.

12. Umbul Manten

Umbul manten sendiri masih terletak dekat dengan embung ponggok dan umbul sigedang, Cuma saja letaknya yang sedikit ngumpet di tengah kampung penduduk menghasilkan surga tersembunyi ini masih belum banyak di lirik pelancong.

umbul manten juga adalah daerah tamasya berenang dengan sumber mata air natural. Tapi bedanya yaitu, di umbul manten terdapat 3 daerah rekreasi natural sekalian dapat ditemui oleh pelancong dalam satu daerah. Ditembah lagi lokasi umbul manten terdapat banyak pohon-pohon besar dan rindang. Jadi sensasi segarnya dobel, sumber mata air natural plus letaknya yang terhindar dari paparan sang surya lantas.

13. Umbul Sigedang

Umbul Sigedang Klaten menjadi komponen daerah liburan menarik dikunjungi, tidak heran bila kini sudah ramai dikunjungi oleh pelancong, bagus pelancong lokal ataupun datang dari luar kota. Hal hal yang demikian mengacu estetika demikian itu memikat sampai memberikan sensasi berbeda dari obyek tamasya lain.

Sebelum jadi lokasi liburan di Klaten, dahulu umbul dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai daerah mandi. Sekarang telah beralih fungsi menjadi daerah tamasya hits Klaten, pesona estetika alam dimiliki menjadi tenaga tarik utama buat pelancong datang berkunjung. Nah, buat sobat datawisata kebetulan sedang mengagendakan wisata atau bahkan bertempat tinggal di Klaten, direkomendasi mendatangi liburan tirta, sobat seharusnya menyaksikan estetika alam menakjubkan dari liburan air Klaten ini.

Umbul Sigedang ini belum pernah tercemar limbah pabrik maupun limbah-limbah lainnya. Kecuali itu, walaupun dipakai untuk berendam maupun mandi, situasi air konsisten bening dan tak gampang keruh. Karenanya tepat sekali kalau kau menghasilkan umbul ini sebagai destinasi wisata yang asyik. Karena, di sana kau dapat berendam dan menikmati sensasi segarnya air sumber natural yang bening.

14. Umbul Nilo

Umbul Nilo, sebuah daerah liburan natural nan eksotis yang berlokasi di Desa Tulung (Wilayah OMAC Klaten) ini senantiasa menawarkan kenikmatan tersendiri bagi anda pecinta travelling. Kecuali tempatnya yang cukup tersembunyi dan jarang ada penunjuk arah menuju lokasi, umbul yang satu ini tentu masih sungguh-sungguh natural.

Kejernihan air di umbul yang cuma mempunyai satu kolam utama ini memang tidak diragukan lagi. Batu-batu koral yang ada di dasar kolam bisa nampak dengan terang, sekali-sekali pula ikan-ikan Nila yang berenang di dalam kolam tak jarang menarik hati pengunjung untuk dapat menangkapnya.

Kolam natural Umbul Nilo ini dasarnya berupa bebatuan dengan air yang seperti itu bening sehingga dasar kolam kelihatan terang. Suasana sekitar kolam yang sejuk sebab popohonan yang berukuran besar, serta jernihnya air, menghasilkan daerah hal yang demikian sungguh-sungguh nyaman untuk berenang. Dikala anda terjun ke dalam kolam, kesejukan airnya akan segera terasa pun cenderung terasa dingin.

15. Umbul Gedaren

Umbul gedaren ini layak untuk anda penikmat ketenangan, sebab di daerah ini suasananya sangatlah nyaman, dikarenakan terdapat sebagian pohon-pohon yang demikian itu rindang. Takhanya itu, di Umbul Gedaren terdapat sebagian patung yang menghiasi sudut-sudut umbul hal yang demikian yang dalam sudut pandang sungguh-sungguh Eksotis, sebab air di umbul gedaren sangatlah bening, dikarenakan kolam umbul gedaren yakni sumber mata air penduduk setempat.

umbul gedaren ini layak untuk anda penikmat ketenangan, sebab di daerah ini suasananya sangatlah nyaman, dikarenakan terdapat sebagian pohon-pohon yang seperti itu rindang. Takhanya itu, di Umbul Gedaren terdapat sebagian patung yang menghiasi sudut-sudut umbul hal yang demikian yang dalam sudut pandang betul-betul Eksotis, sebab air di umbul gedaren sangatlah bening, dikarenakan kolam umbul gedaren ialah sumber mata air penduduk setempat

16. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler sendiri berlokasi di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten. Dimana dulu diandalkan masyarakat Klaten sebagai daerah pemandian putri yang hasilnya hingga ketika ini diaplikasikan masyarakat setempat untuk mandi. Cuma saja eksistensinya masih jarang dikenal para pelancong.

Umbul Kapilaler mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan umbul-umbul lainnya. Dimana komponen dasar umbul ini masih berupa bebatuan dan tanah. Ukurannya memang tak terlalu besar, tetapi letaknya yang berada dibawah rerimbunan pohon dikelilingi bebatuan besar menambah kesan natural kolam pemandian putri.

Umbul Kapilaler juga dekat dengan Sigedang yang mana air hal yang demikian dibuat air minum kemasan. Karenanya Umbul Kapilaler memiliki air bening dan menyegarkan. Apalagi apabila berkunjung ke umbul ini bersama dengan keluarga tentu akan lebih mengasyikan dan menyenangkan. Meski kolam ini tak terlalu besar tapi dapat menampung cukup banyak orang yang berkeinginan berenang atau sekadar bermain di dalam kolam.

Kedalaman umbul Kapilaler sekitar 1,5-1,6 meter sehingga untuk ukuran orang dewasa mungkin wajib jinjit sedikit agar tak karam. Banyak orang berasumsi bahwa berenang di Umbul Kapilaler ini layaknya berenang di air mineral sebab saking jernihnya sehingga ikan-ikan kecil nampak menawan. Dengan demikian itu dapat mengabadikan peristiwa dengan titik foto bersama ikan-ikan kecil.

17. Umbul Cokro Tulung

Objek Liburan Mata Air Cokro Klaten ialah daerah yang pas untuk bersantai bersama keluarga. Di Lokasi ini pelancong bagus si kecil – buah hati sampai dewasa akan menemukan keseruan yang berbeda. Kecuali umbulnya yang demikian itu bening dan adem, daerah liburan Klaten ini juga sudah mempunyai bermacam fasilitas dan wahana yang menarik.

Kecuali bermacam wahana hal yang demikian, daerah ini juga mempunyai fasilitas yang komplit. Mulai dari kamar ganti sampai tampat beribada seluruh tersedia di omac ini. Pelancong juga bisa menyewa tikar untuk beristrahat dibawah rindangnya pohon. Udara teduh segera menyambut siapa saja yang datang. Mata aku berbinar memandang jernihnya air yang mengalir di saluran irigasi kecil memanjang menyusun busur separo lingkaran.

Pengunjung malah dapat menyewa ban pelampung. Dengan ban ini, pengunjung bisa menyusuri dan menjelajah sungai dengan santai. Bahkan, dengan sungai yang tidak demikian itu dalam, pengunjung seluruh usia bisa berenang sepuasnya. Potensi alam disini benar-benar besar, melainkan sayang belum diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestariannya. Masih banyak aku dapatkan kemasan shampo dan sabun yang dibuang sembarangan oleh pengunjung.

18. Umbul Jolotundo

Pemandian Jolotundo berlokasi di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, sekitar 8 kilometer dari arah Utara sentra Kabupaten Klaten. Pemandian ini mempunyai luas sekitar 220 meter persegi dari rumit areal obyek liburan seluas 500 meter persegi.

Memang daerah ini masih betul-betul jarang terdengar oleh masyarakat atau para pelancong, tidak seperti daerah liburan umbul atau sumber mata air lainnya seperti umbul pongok, umbul manten dan yang lainnya yang telah tenar sampai keseluruh negri.

Jadi amat di sayangkan sedangkan seandainya diamati dari prospek serta pendorong lainnya, wajib daerah ini bisa bersain denga daerah tamasya umbul lainnya. Jadi ayo coba eksplor daerah liburan ini dijamin gak bkal nyesel deh.

19. Embung Tirto Mulyo

Embung Tirtomulya fungsi utamanya ialah daerah penampungan air hujan untuk keperluan konsumsi masyarakat sekitar embung. hampir tiap tahun dikala musim kemarau datang tempat ini menjadi langganan kekurangan air bersih. sebab itu eksistensi embung ini amat dinantikan warga sekitar. dengan luas 0,6 hektar embung ini dapat menampung 12.000 meterkubik air hujan.

fasilitas yang ada disini juga belum demikian itu banyak, sepanjang aku memperhatikan cuma ada satu gazebo dan sebagian daerah berteduh, serta daerah untuk parkir kendaraan. mungkin masih tahap pembangunan penambahan fasilitas. Di kawasan ini dikala musim buah duren banyak warga yang menjajakan buah duren.

20. Curug Menawan Tegalrejo

Curug Cantik Tegalrejo atau umum disebut Curug Bayat berlokasi desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Bayat Klaten, sehingga tak jarang disebut Curug Bayat sebab jalan masuk menuju lokasi memang lebih gampang bila via Kecamatan Bayat Klaten.

Curug Cantik Tegalrejo mempunyai banyak Curug dengan ketinggian dan format yang bervariasi dengan kolam dibawahnya yang awam diaplikasikan untuk mandi atau sekadar bermain air oleh para pengunjung. Mayoritas kebanyakan pengunjung berasal dari kota klaten yang jarak dekat dengan lokasi curug menawan ini. Meskipun demikian, tak sedikit pula anak-anak sekolah dan pemuda yang menghabiskan waktu di curug ini hingga sore hari.

Air terjun di sini tak terlalu tinggi, jadi kau dapat leluasa bermain air sambil foto-foto. Untuk debit airnya akan lebih melimpah dikala musim hujan. Nah, jika kau berharap merasakan kesejukan air yang melimpah, sebaiknya berkunjung dikala musim hujan. Asal jangan tepat hujan deras ya. Sebagian pelancong juga nggak bendung buat berenang sebab airnya yang menyegarkan. Kau pastinya tak puas cuma sehari ketika mengunjungi daerah ini.

21. Deles Indah

Deles Menawan yang tidak lain yakni salah satu daerah tamasya di Klaten, Jawa Tengah, terbukti ialah daerah untuk merasakan gagahnya Merapi dari sisi timur. Deles Menawan berlokasi di wilayah desa liburan yang bertempat tinggal di Desa Sidorejo, Klaten, Jawa Tengah, tepatnya 25 kilometer di utara Kota Klaten. Sebab berada di ketinggian 800-1.300 mdpl, karenanya Deles Cantik mempunyai udara segar khas pegunungan. Udaranya benar-benar fresh dan tak ada polusi di sini.

Tak cuma menawarkan estetika pemandangan alam sebagai nilai utamanya, terbukti Deles Cantik juga diaplikasikan untuk berlibur religi. Tak jarang apabila para pelancong datang kemari bukan cuma untuk merasakan suasana asri pegunungan, tapi juga untuk menjalankan ziarah.

Pesona Surga Liburan Deles Cantik ini, kecuali memiliki wilayah yang luas dengan panorama alam yang adem khas pegunungan juga terdapat bermacam peninggalan-peninggalan sejarah dan daerah-daerah rekreasi khusus. Lokasi ini memiliki potensi khusus suasana panorama alam pegunungan yang amat mengagumkan dan memiliki hawa yang adem. Dari lokasi kawasan Deles menawan pengunjung bisa memperhatikan panorama puncak merapi dengan kongkret, termasuk panorama kota Klaten

22. Sendang Gemuling

Sendang Gemuling yaitu air terjun kecil dengan panorama alam sekitar yang menawan. Kecuali Instagrammable, kau dapat merasakan pesona alam Klaten yang mengesankan di sekitar Sendang Gemuling. Tetapi, untuk dapat menempuh destinasi tamasya Klaten ini, diperlukan sedikit usaha dan energi sebab letaknya yang tersembunyi.

Berada di kecamatan pemalang yang notabene dekat gunung merapi mewujudkan Deles cantik sebagai daerah yang adem untuk kesibukan outdoor seperti jogging, hiking, downhil sampai camping. Salah satu kekuatan tarik lain sendang ini sehingga ramai dikunjungi ialah air sendang yang bertuah dan dianggap dapat memberi keselamatan dan membebaskan dari penyakit.

23. Wisata Kali Talang

Kali Talang Balerante yakni tenaga tarik liburan alam dengan energi tarik utama panorama Gunung Merapi dari dekat. Keberadaannya belum lama dimaksimalkan sebagai objek liburan berbarengan dengan disahkannya objek tamasya baru di dekatnya merupakan Embung Tegalmulyo. Tamasya alam ini sesuai dipakai sebagai salah satu daerah berfoto dan merasakan panorama Gunung Merapi dari dekat.

Sebab akhir-akhir ini memang sedang ramainya tamasya dengan konsep gardu pandang, karenanya tidak heran juga apabila penegelola dari ekowisata kali talang ini juga menyediakan sebuah jembatan bambu serta Gardu pandang untuk dibuat sebagai daerah untuk berfotoria dan merasakan alam disekitar wilayah liburan.

24. Riverboarding Kali Pusur

Bertempat di Desa Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, kau dapat merasakan riverboarding atau rivertubing di sungai yang membelah desa hal yang demikian. Kau seorang pemula di olahraga arung jeram. Semenjak dibuka 2012 silam, liburan mengasyikkan di kabupaten yang tenar dengan koleksi candi-candinya ini memang sudah diminati warga. Berawal dari hobi Pasmaja, salah satu kelompok sosial pencinta alam di Klaten, riverboarding dan rivertubing di Kali Pusur sekarang sudah dikomersialkan.

Kau juga nggak perlu takut dengan keselamatanmu selama menghanyutkan diri di air sebab pihak pengelola akan memantau pergerakanmu selama meliuk-liuk terbawa arus sungai yang lumayan deras. Buat kau yang tertarik mengarungi Kali Pusur, nggak perlu kebingungan mesti membawa perlengkapan apa di sana.

Itulah 24 Obyek Liburan di Klaten yang Menarik dan Disarankan untuk Dikunjungi ketika Anda berada atau mempertimbangkan bertamasya di Klaten. Semoga Tulisan ini berkhasiat bagi pembaca. Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan sekitar objek wisata, karena hal tersebut sudah menjadi etika tidak tertulis yang harus di lakukan oleh wisatawan yang berkunjung di suatu tempat wisata.

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *