14 Tempat Wisata di Magelang Yang Bagus

Posted on

Walaupun diketahui dengan candi Borobudurnya yang di akui dunia, Magelang sebetulnya punya banyak destinasi liburan lainnya yang luar biasa yang dapat Anda jelajahi. Mulai dari telaga yang mempunyai air sejernih kristal, pegunungan-pegunungan hijau yang tinggi melambung, web bersejarah sampai tamasya masakan khas yang menawarkan citarasa tidak terlupakan.

1. Bukit Grenden

Bukit Grenden Pakis yaitu sebuah tamasya yang belum alam ini beredar di media sosial terutama di Magelang Jawa Tengah. Bukit ini ialah salah satu lokasi tamasya yang cukup menarik dikunjungi. Panorama alam di bukit ini berpadu dengan temperatur udara yang teduh natural juga dilengkapi dengan titik foto kekinian yang beraneka.

Bukit Grenden ini mendadak familiar dari adanya foto yang tersebar di media sosial. Asal nama bukit ini mengambil nama dusun yang berada di lokasi liburan ialah dusun Grenden, desa Pogalan, kecamatan Pakis, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wilayah liburan ni memang bukan sebuah tamasya pendakian melainkan liburan yang letaknya berada di kaki Gunung Merbabu.

Rumah Kurcaci di tamasya alam Bukit Grenden ini sudah menjadi titik kece dan kekinian yang lebih diburu oleh kalangan buah hati muda. Liburan alam ini dilegalkan pada bula Juli tahun 2016. Hingga sekarang menjadi liburan pilihan kawasan Magelang. Pengunjungnya sendiri tak sekadar datang dari kota Magelang tapi juga dari luar tempat seperti Jogja.

2. Gunung Andong

Gunung andong yakni satu diantara sebagian gunung yang sanggup memberikan estetika alam pegunungan di Jawa Tengah. Liburan ke kota Magelang, tak komplit bila tak merasakan estetika tamasya gunung andong. Para pendaki profesional sependapat, jikalau gunung andong yakni gunung yang layak walau sekadar latihan pendaki pemula. Anda bisa berburu estetika sunset dan sunrise.

gunung andong, mempunyai tinggi kurang lebih 1726 meter dari permukaan laut. Seperti puncak gunung lain, gunung andong mempunyai daerah rehat berupa gazebo sebagai gardu pandangan kece. Tentu nya daerah hal yang demikian yaitu titik yang menarik bagi para pendaki gunung.

Tamasya Gunung andong ini menjadi daerah pendakian unggulan, tak cuma warga Magelang sekitar tapi banyak dari berjenis-jenis tempat yang beratensi mendaki serta menjelajahi gunung andong. Estetika pemandangan gunung andong Jawa Tengah, membikin para pelancong rela berulang kali mendaki salah satu gunung di Jawa Tengah ini.

3. Gardu Pandang Silancur

Lokasi liburan ini berada di pegunungan dengan ketingian yang cukup lumayan menonjol sebagian rentangan alam yang menpesona seperti kemegahan gunung merapi, merbabu, kereta kuda, dan lain sebagainya. panorama Kota Magelang yang amat terang kelihatan, serta hijaunya perkebunan warga yang mengitari lokasi gardu pandang.

Kecuali panorama alam, kita juga dapat mengamati mathari terbit dari Gardu Pandang Silancur dan disana mempunyai sebagian titik foto yang baik untuk para pencinta fotografer alam. Seperti di rumah pohon, kebun strawberi, dan juga gazebo untuk bersantai suasana hal yang demikian dapat kalian rasakan pada ketika bertamasya ke daerah ini.

Tersedia sebagian ayunan serta titik santai berupa daerah-daerah duduk yang bisa diaplikasikan untuk merasakan menawannya alam yang ada di sekitar daerah liburan ini. Di daerah tamasya ini juga ada sebagian tumbuhan bunga yang di tanam disana, karenanya dari itu alam yang ada di tamasya ini kelihatan betul-betul menawan dengan hamparan kebun bunga.

4. Bukit Rhema

Bukit Rhema menjadi kekuatan tarik pariwisata di Magelang Jawa Tengah sebab ke indahan dan megahnya bukit ini benar-benar memikat disokong dengan kebersihan lingkungannya yang membikin Bukit Rhema ini nampak lebih cantik serta menakjubkan. bangunan ini mempunyai ornamen-ornamen yang menawan dan terkesan vintage. Di bangunan pertama terdapat ruangan yang berskat dan tanpa dilengkapi jendela serta pintu.

Punthuk Setumbu, tadinya cuma berupa bukit lazim yang ditumbuhi pohon-pohon dan semak belukar. Tetapi nasib bukit ini berubah sempurna sesudah traveler mengupload estetika golden sunrise yang dicokok dari atas bukit hal yang demikian, apalagi ada latar belakang Candi Borobudur. Tak butuh waktu lama untuk menarik perhatian traveler lain, bagaikan semut yang mengecup wangi-wangian gula mereka berbondong-bondong mendatangi bukit ini.

5. Candi Selogriyo

Lokasi candi Selogriyo ini berada sekitar 15 km seandainya via kecamata Bandongan atau via Windusari. Candi ini pertama kali ditemukan oleh salah satu Resi Besar pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1835. Pada masa ditemukan situasi candi ini dalam kondisi semrawut mangkrak dan juga ada komponen candi yang hialng. Atas inisiatifnyalah akibatnya Hartman menyusun sebuah regu yang bertugas untuk membentuk kembali sisa komponen candi yang berserakan.

Menurut sejarahnya candi ini berlatar belakang agama Hindu. Candi ini berdasarkan sangkaan yakni candi yang berusia sama dengan candi yang berada di tempat Kedu dan dataran tinggi Dieng. Candi Selagriya ini dibangun oleh wangsa Sanjaya sekitar abad ke 8 dan berdiri di atas ketinggian 648 meter di atas permukaan laut.

6. Goa Slandak

Goa Slandak berlokasi di dusun Grogol, kecamatan Pakis, kabupaten Magelang. Jalan menuju kelokasi tidaj terlalu susah. Dengan catatan mengaplikasikan kendaraan pribadi. Beroda ataupun sepeda motor, sebab belum ada angkutan biasa. Sepanjang jalan kita akan dimanjakan dengan estetika kebun bunga mawar.

Hutan yang masih asri , bersih dan adem ini akan memberikan ketenangan pelancong untuk merasakan pemandangan Obyek Tamasya yang ada disini. Tak cuma itu , di Hutan pinus ini terdapat daerah-daerah yang bisa diterapkan bagi pelancong yang menyenangi melaksanakan camping dan juga bersantai mengaplikasikan hammock.

Dari loket, air terjun belum tampak, kita masih patut melalukan tracking kebawah kaprah-kaprah 300 m. Sepanjang jalan disela-jeda pohon pinus kita akan mengamati tulisa-artikel seputar filosofi pohon. Lumayan buat mengalihkan rasa cape sekadar stop sebentar untuk membaca isinya.

7. Curug Silawe

Curug Silawe lebih dekat diakses via Salaman, melintasi kawasan Kecamatan Kajoran. Adapun bagi pengunjung dari arah Kota Magelang bisa melalui trek Bandongan – Kaliangkrik. Meskipun sekiranya pengunjung datang dari arah Semarang, karenanya sebelum menjelang Magelang bisa belok kanan di pertigaan Payaman, kemudian melintasi Windusari, Bandongan dan Kaliangkrik.

Sedangkan jalanan menuju Curug Silawe yaitu jalur berliku dan naik-turun meniru kontur lereng Sumbing, melainkan setidaknya sampai di spot Kaliangkrik situasi trek berupa jalan beraspal yang cukup mulus. Menempuh lokasi Curug Silawe memang penuh tantangan oleh situasi trek yang curam dengan sebagian tanjakan dan bawaan terjal.

8. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Candi Umbul adalah salah satu website purbakkala yang berupa pemandian air panas berada persis di Kabupaten Magelang, yang telah dibangun semenjak zaman dulu, zaman Wangsa Syailendra dan sampai sekarang sisa peninggalan masih dijaga dan dilindungi sebagai salah satu daerah liburan unggulan keluarga.

Yang lebih unik dari kolam Candi Umbul merupakan tak adanya bau belerang layaknya sumber pemandian air panas di wilayah tamasya air panas lain, jadi Anda yang alergi bau belerang dapat datang kapan saja ke daerah ini tanpa kuatir dengan bebauan kuat belerang. Akan tapi, kandungan sulfur yang ada di wilayah pemandian ini masih berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit, temperatur airnya dapat menjadi terapi tulang, menolong melancarkan sirkulasi darah.

9. Omah Pring

Omah pring adalah bangunan yang terbuat dari bambu yang mulanya dipakai sebagai wilayah rest zona dan daerah membatik. Tapi, akhir-akhir ini dimaksimalkan menjadi hits destinasi kekinian yang cukup diminati.

Di sana, kau dapat belajar membatik di zona yang disediakan oleh warga, merasakan sebagian kesibukan outdoor yang mengasyikan, dan jika kau menyukai dengan suasana petualangan dapat mencoba river tube. Jangan lupa untuk menciptakan sebagian foto indah di sekitaran jembatan cinta Omah Pring.

10. Sendang Mudal

Sendang Mudal, adalah sumber mata air yang memiliki kolam natural basah amat bening yang amat bening. Walaupun belum dikelola secara legal, tapi daerah ini amat menarik. Tidak sedikit pengunjung yang datang untuk mencoba berenang dan bermain air disana. Air dari sendang mudal hal yang demikian berasal dari sumber natural dan dilengkapi dengan suasana persawahan.

Sendang Mudal mempunyai keistimewaan airnya bening natural khas air pegunungan yang segar. Memang kolamya tak demikian itu luas melainkan lokasinya yang ditengah pesawahan membikin kita betah berlama-lama. Kecuali mandi dan berenang, para pengunjung disini umumnya menyukai berfoto di dalam air.

11. Candi Borobudur

Candi Borobudur yang megah yakni monumen Budha terbesar di dunia, sebuah web kuno yang luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan dinasti Syailendra, desain candi dari arsitektur Gupta mencerminkan akibat India di kawasan hal yang demikian, tapi terdapat unsur khas setempat yang dipadukan membikin Borobudur menjadi lebih khas Indonesia.

Candi ini konsisten kuat malah telah melalui 10 abad. Candi ini ditemukan kembali pada tahun 1815, terkubur di bawah abu vulkanik. Sekitar tahun 1970 diadakan kerjasama antara RI dan UNESCO untuk melakukan pemugaran Candi Borobudur, karena candi tersebut adalah peninggalan dunia yang harus di lestarikan. Kerjasama ini berlangsung kurang lebih selama 8 tahun dan berhasil membangun kembali Candi Borobudur. Candi ini dihiasi dengan ukiran batu di relief mewakili gambar dari kehidupan Buddha. Para komentator mengklaim bahwa ini yakni ansambel terbesar dan paling komplit dari relief Buddha di dunia, tidak tertandingi dalam artistik.

Sistem terbaik untuk menjelajahi website ini merupakan dengan berjalan kaki. Dikala Anda naik ke puncak candi megah ini Anda akan mengagumi ukiran batu detil yang kompleks ditampilkan di candi dinding. Anda pasti akan kehilangan pengalaman hebat sekiranya Anda mengunjungi candi besar ini tanpa belajar seputar sejarah dan arti pentingnya yang dicokok pada banyak reliefnya.

12. Ketep Pass

Ketep Pass ialah salah satu obyek liburan alam di Magelang yang menawarkan panorama alam yang benar-benar luar biasa. Obyek liburan ini hakekatnya telah eksis semenjak lama, melainkan baru populer baru-baru ini ini. Obyek tamasya ketep pass sendiri juga mempunyai banyak fasilitas penunjang yang sengaja dihasilkan untuk memanjakan pelancong yang datang.

Sebab Ketep pass ini berada di ketinggian karenanya panorama alam sungguh-sungguh menawan , kabut pagi bahkan juga turut menghiasi. Kecuali panorama alam dari atas kau juga bisa mengamati perdesaan dan pegunungan yang gagah. Sebab Ketep pass ini berada di ketinggian karenanya panorama alam betul-betul menawan , kabut pagi malah juga ikut serta menghiasi. Kecuali panorama alam dari atas kau juga bisa mengamati perdesaan dan pegunungan yang gagah.

13. Candi Mendut

Candi Mendut berlokasi di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 38 km ke arah barat laut dari Yogyakarta. Candi Mendut menaruh kisah unik yang menarik loh, Guys! Pasalnya Candi Buddha yang jaraknya dekat dengan Candi Borobudur ini ialah destinasi yang menyukai dikunjungi oleh para pecinta adat istiadat.

Bangunan candi ini dijadikan dari batu bata yang ditutup oleh batu alam, sengaja dibangun di sebuah basement tinggi sehingga nampak lebih kokoh dan anggun. Tangga naik serta pintu masuknya menghadap ke barat-tenaga dan pas di atas basement-nya terdapat lorong yang memutari badan candi. Komponen atapnya dijadikan bertingkat tiga serta dihiasi dengan menerapkan stupa berukuran kecil, sempurna stupa kecil yang ada di Candi Mendut, sekitar 48 buah, tinggi bangunan ini sendiri menempuh 26.4 meter.

14. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu Magelang ini juga familiar sebagai Nirwana Sunrise yang ada di kawasan Borobudur. Sebab dari sana, sahabat – sahabat traveler dapat mengamati sunrise yang betul-betul menakjubkan. Punthuk Setumbu, merupakan sebuah bukit yang mempunyai ketinggian kurang lebih 400 meter diatas permukaan laut dan berlokasi di gugusan pegunungan Menoreh. Bukit ini sebelumnya ialah zona yang ialah ladang milik warga sekitar.

Untuk menempuh lokasi ini tak susah dikarenakan telah terdapat papan pertanda jalan ke arah lokasi hal yang demikian. Memang metode yang paling gampang untuk hingga di daerah ini ialah dengan menuju ke arah Candi Borobudur.

Rupanya kecuali Candi Borobudur, Magelang malahan mempunyai banyak destinasi liburan mengasyikan yang menarik untuk dikunjungi bukan? Dan rasanya untuk menjelajahi segala daerah tamasya di Magelang hal yang demikian tidak cukup cuma dalam waktu satu hari saja.

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *