18 Terbaik Tempat Wisata di Purworejo Hits

Posted on

Berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo di Provinsi DIY, Purworejo memiliki bentang alam yang mengagumkan. Salah satunya adalah deretan Pegunungan Menoreh yang begitu eksotis. Wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah menarik dari daerah lain sehingga sangat recommended buat tujuan wisata di hari libur.

Selain pantai dan air terjun, destinasi wisata di Purworejo juga cukup beragam dengan daya tariknya masing-masing. Berikut di bawah ini merpakan beberapa tujuan objek wisata yang ada di kab purworejo yang dapat anda kunjungi bersama keluarga saat berada di kota purworejo.

1. Pantai Jatimalang

Memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan hamparan pasir hitam, keindahan pantai ini tidak kalah menawan dari pantai lainnya. Karakter ombaknya cukup besar khas laut selatan sehingga tidak disarankan untuk berenang. Karakter dan bentuk dari Pantai Jatimalang memang agak berbeda dengan keadaan pantai pada umumnya yang ada di pesisir pulau jawa. Tetapi, dengan adanya perbedaannya karakter dan bentuk setiap pantai akan menambah keanekaragaman suasana dan keindahan setiap pantai yang ada di Indonesia. Wajar jika media sosial, khususnya Instagram, tempat di mana banyak orang memamerkan tempat keindahan menjadi ajang Pantai Jatimalang menunjukan keindahannya.

Di kawasan pantai terdapat deretan pohon cemara yang rindang membuat suasana pantai semakin sejuk. Pada area kawasan pantai jatimalang ada berbagai ornament yang di lengkapi untuk menambah ciri khas sebuah tempat wisata, untuk di pantai jatimalang ini ada Patung Dewaruci sebagai ikon yang baru Pantai Jatimalang. Nikmati acara “mantai”mu dengan berjalan-jalan di pantai dan berburu spot foto yang paling keren. Salah satu daya tarik yang ada di Pantai Jatimalang adalah penduduk lokalnya yang ramah. Keramahan dari penduduk setempat membuat para petualang tidak merasa asing di spot petualangan yang satu ini. Oleh karena itu, wajar jika para petualang suka dengan tempat ini.

2. Pantai Ketawang

Tempatnya cukup sepi, sangat cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri dan menyingkir dari kebisingan kota. Kombinasi pasir hitam dan birunya laut menyajikan pesona alam yang cukup kontras namun sejuk dipandang. Dengan mengunjungi lokasi wisata pantai Ketawang dapat menyuguhkan pengalaman berwisata yang melekat di hati. Anda bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk melepas penat sekaligus tempat untuk mengabadikan gambar.

Selain itu terdapat beberapa ciri khas unik yang di miliki Pantai Ketawang dan ciri khas ini tidak di punyai oleh sederetan pantai yang lain di Indonesia. Keunikan inilah yang membuatnya sangat layak untuk Anda kunjungi. Keberadaan mercusuar di kawasan pantai juga menjadi daya tarik tersendiri yang unik. Selain berjalan-jalan menyusuri keindahan pantai, kamu juga bisa menjelajahi pantai dengan menyewa ATV, pasti seru!

3. Pantai Jetis

Panorama pantai berpasir hitam dengan ombak yang cukup besar akan memanjakanmu dalam suasana yang cukup menenangkan. Kawasan pantai lumayan sejuk dengan beberapa gazebo di sekitarnya. Beberapa fasilitas yang di sediakan di kawasan objek wisata pantai jetis yaitu gardu pandang, spot selfie untuk mengabadikan momen spesial bersama keluarga, serta adanya taman payung yang menjadi primadona tempat berfoto karena sangat instagrammable.

Lokasi tempat wisata pantai Jetis ini berada di dukuh Patutrejo, Kabupaten Purworejo. Rute menuju pantai ini gampang banget kok. Untuk dapat mencapai di lokasi pantai jetis ini, para wisatawan dapat melalui rute reguler yang ada yaitu melalui jalan raya kutoarjo-ketawang, serta dapat juga melalui jalan daendels yang juga menyajikan pemandangan alam yang bagus.

Pantai Jetis ini memang bernuansa penuh cinta. Dari bentuk, tulisan, atau simbol-simbolnya. Makanya, nggak heran kalau yang datang ke sana kebanyakan adalah pasangan kekasih, keluarga, atau segerombolan orang. Saya sarankan sih jangan datang sendiri pliss, soalnya takut bikin galau pas foto di spot-spot penuh cintanya.

4. Curug Lumbung

Akses jalan menuju ke lokasi curug masih belum memadai, jalur yang harus dilewati berupa jalan setapak dan hanya bisa dilalui motor atau jalan kaki. Pesona curug ini masih sangat alami dengan susunan tebing batu yang unik. Suasana alamnya begitu asri dan tenang, sangat cocok buat ngadem dan menenangkan pikiran.

Curug Lumbung Purworejo ini sebenarnya adalah berada pada sebuah aliran sungai. Aliran sungai ini bukan aliran sungai biasa, namun aliran sungai memiliki keindahan alami yang sangat lura biasa menarik dan mempesona. Keindahan alami ini adalah hasil dari sebuah proses alam selama ratusan tahun lamanya. Aliran sungai yang memiliki keindahan alami inilah yang kemudian disebut sebagai Curug Lumbung, atau biasa juga disebut dengan Curug Santren.

Letak keindahan Curug Lumbung sendiri adalah terletak pada dinding-dinding alami yang benar-benar eksotis dan asli alami diukir oleh proses alam yang menakjubkan. Lokasi ini adalah salah satu tempat paling favorit bagi para traveller untuk mengambil gambar dan mengabadikan kenangan dalam bentuk foto.

5. Curug Gunung Putri

Sedikit tersembunyi, Curug Gunung Putri menyajikan pesona alam nan asri dengan aliran air terjun yang menyegarkan. Suasana di sekitar curug juga tak kalah menawan karena dikelilingi oleh hutan pinus yang sejuk dipandang. Selain ngadem, kamu juga bisa menikmati aliran airnya yang bikin fresh.

Gunung Putri. Akhir-akhir ini wisata tersebut sedang naik daun di tambah banyak acara yang diselenggarakan di tempat wisata tersebut, sehingga namanyapun semakin dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas khususnya Purworejo. Dari fasilitasnya wisata curug gunung putri in isudah terbilang lengkap loh, mulai dari warung makan, toilet, juga tempat parkir. Di dalam wisata ini juga ada beberapa spot untuk foto, diantaranya jembatan awang-awang, area dengan banyak payung menggantung, serta yang paling hits dan ciamik tentunya curug gunung putri itu sendiri.

6. Kedung Gulo

Kedung ini memiliki aliran air yang masih sangat alami, cocok buat berenang atau sekedar bermain air meskipun kapasitasnya cukup terbatas. Suasana alam pedesaan yang asri di lokasi air terjun akan membuat acara santaimu semakin nyaman. Kedung Gulo merupakan wisata sungai pegunungan yang mempunyai embung atau kedung cukup luas dengan air yang sangat jernih. Karena tempatnya masih pelosok dan belum dijadikan kawasan wisata resmi oleh pemerintah Kabupaten Purworejo.

Jika dari arah jogja bisa melewati kec. Samigaluh, masuk desa pagerharjo, Jika kalian dari kebun teh Nglinggo, desa Pagerharjo, Samigaluh maka dari pertigaan menuju kebun teh, kalian bisa lurus terus menuju desa Sedayu, kec Loano. Kemudian melewati pasar banyuasin, masuk ke desa Kalitapas.

7. Curug Muncar

Curug Muncar menawarkan sensasi liburan dengan sedikit sentuhan petualangan karena akses jalannya belum begitu memadai. Berada di kawasan pegunungan, curug ini menyajikan panorama alam yang indah dengan aliran air terjun yang cukup deras dan bikin adem. Sangat cocok buat refreshing di akhir pekan.

Menikmati keindahan alam di negeri ini kadang kita harus berjuang untuk mencapainya.Butuh perjuangan yang tidak mudah.Mulai dari medan yang berat, jarak tempuh yang jauh hingga menyusuri rimbunnya hutan di pegunungan.Ini adalah secuil kisah perjalanan kami menjelajah curug Muncar yang indah dan tersembunyi di pedalaman Purworejo.

8. Curug Kaliurip

Lokasi air terjun masih sangat asri dengan beberapa fasilitas pendukung yang sedang dalam tahap pembangunan. Nuansa alam yang begitu kental dengan tebing bebatuan nan eksotis di sekelilingnya bikin suasana semakin adem. Buat kamu yang belum mahir berenang sebaiknya tidak berenang di curug ini karena kedalaman kolamnya mencapai 8 meter. Jadi, utamakan keselamatan ya!

Curug Kaliurip ini masih terbilang alami karena masih belum dirawat sebagai objek wisata daerah, fasilitas disini juga masih minim atau masih menumpang diwarga sekitar tapi cocok untuk para explorer seperti kalian kan geng, dengan kanan kiri masih disuguhi pemandangan pepohonan dan terkadang banyak sekali nyanyian burung yang bisa anda dengar saat perjalanan anda.

9. Air Terjun Kyai Kate

Letaknya yang cukup tersembunyi justru memberikan tantangan tersendiri yang membuat liburanmu semakin tak terlupakan. Air terjun dengan debit air yang cukup deras membuat suasana di sekitarnya terasa sejuk dan segar. Lingkungan di kawasan air terjun juga terlihat begitu asri sehingga memanjakan mata dan bikin betah.

Walaupun jarak Air Terjun Kyai Kate agak jauh dari lokasi rumah warga, lebih enak dengan berjalan kaki. Pertama memang capek, tetapi sampai disana akan terbayar rasa capek itu dengan segarnya air dari Air Terjun ini. Tempat ini juga memiliki fasilitas yang lengkap gen,seperti toilet,mushola,dan gazebo yang bisa kalian gunakan untuk bersantai bersama keluarga.

10. Gunung Kunir

Masih bagian dari Pegunungan Menoreh, Bukit Kunir atau sering disebut dengan Gunung Kunir menyuguhkan pesona alam pegunungan yang begitu memikat. Dari puncak ketinggian, kamu bisa menyaksikan eksotisme Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang begitu memukau. Momen golden sunrsie di gunung ini juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan.

Purworejo mempunyai sedikit spot bagi penggila sunrise seperti saya. tapi dari sedikit spot yang tersedia dan yang saya ketahui, Gunung kunir tetap menjadi spot sunrise terbaik di wilayah Purworejo dan sekitarnya dan sejauh ini masih menjadi primadona bagi pemburu sunrise.

Lokasi objek wisata alam Gunung Kunir ini berada di Dukuh Benowo Purworejo, jika arah dari kota Purworejo ambil ke arah Magelang, sampai di Perampatan Kaliboto (yang ada kantor pos nya) masuk ke arah kanan (Gapura), lurus sekitar 2 km ambil yang arah kanan ke Desa Kaliwader, dari Kaliwader lurus jalan sekitar 7 km untuk sampai ke Desa Kalitapas (Pertigaan ke arah kiri). lalu naik sekitar 500 m sampai di pertigaan (ambil ke arah kanan jalanan rabat beton) menuju ke Desa Benowo.

11. Geger Menjangan

Hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Purworejo, Puncak Geger Menjangan menawarkan sensasi liburan seru dengan suguhan alam khas pegunungan. Dari atas ketinggian kamu bakal menyaksikan gugusan Pegunungan Menoreh, landscape Kota Purworejo, Sungai Bogowonto, dan hamparan sawah yang sejuk dipandang. Bikin betah dan mungkin enggan untuk pulang.

Geger Menjangan adalah sebuah bukit yang terletak 175 meter di atas permukaan laut dan masih berada di kawasan pegunungan yang termasuk ke dalam barisan perbukitan Menoreh. Nama Geger Menjangan berasal dari Geger yang berarti Punggung dan Menjangan yang berarti Kijang, sehingga diartikan Punggung Menjangan.

Obyek wisata Geger Menjangan dapat didatangi pengunjung setiap harinya, Senin hingga Jumat mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 sore. Geger Menjangan juga dilengkapi dengan fasilitas taman permainan anak dan kolam renang yang terletak di area pintu masuk kawasan.

12. Bukit Patihan Bruno

Salah satu bukit wisata di Purworejo yang akan memanjakanmu dengan keindahannya. Panorama alam nan eksotis berpadu dengan hawa sejuk pegunungan yang bikin fresh pikiran. Sangat cocok buat menyingkir dari kesibukan. Terdapat beberapa gardu pandang dan spot selfie yang akan membuat acara refreshingmu semakin berkesan.

Wisata Bukit patihan Bruno Purworejo sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat setelah pikiran terbebani dengan segala rutinitas yang anda kerjakan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit patihan Bruno Purworejo ini pada saat pagi hari sebelum jam 6 geng.., agar anda dapat merasakan berada di atas kabut tentunya.

Untuk menikmati Bukit Patihan Bruno Purworjo ada baiknya anda mempersiapkan bekal air minum. Pakailah pakaian yang menyerap keringat dan alas kaki yang ringan. Karena warna dominan di wilayah ini biru dan hijau, maka untuk mendapatkan foto selfie terbaik, gunakan pakaian berwarna merah atau kuning, atau warna-warna yang kontras.

13. Goa Seplawan

Destinasi wisata alam yang menawarkan sensasi petualangan seru menyusuri goa alam yang begitu eksotis. Lokasinya berada di wilayah perbukitan sehingga membuat suasana semakin sejuk. Ornamen-ornamen di dinding goa terlihat begitu menawan membuat penjelajahanmu semakin berkesan.

Ditilik dari histori sejarahnya, bahwa goa seplawan ini beberapa kali di tulis dalam prasasti kayu arahiwang yang hingga saat ini prasasti itu masih ada dan di jaga kesuciannya. Ditemukannya patung emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati di dalam goa juga menambah nilai sejarah pada Goa Seplawan. Konon, para asli sejarah juga menemukan Lingga Yoni yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran.

Tempat wisata alam ini biasanya juga digunakan untuk pelatihan para pencinta alam, seperti melakukan kemah di kawasan perkemahannya. Gazebo dan aula juga kerap kali digunakan untuk pementasan ataupun pertemuan bersama rekan, kerabat dan keluarga.

14. Taman Sidandang

Taman wisata dengan nuansa hutan alami di Purworejo yang menarik buat rekreasi di akhir pekan. Di kawasan taman terdapat beberapa curug nan eksotis yang bisa dijelajahi untuk melengkapi agenda liburan. Ada juga fasilitas camping ground buat kamu yang ingin menyatu dengan alam, gardu pandang dan fasilitas lain yang cukup memadai.

Taman Sidandang berada di Dusun Kedungrante, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Objek wisata itu sebetulnya adalah aliran sungai yang dikenal bernama Sungai Gintung. Mengapa menjadi taman? karena masyarakat tidak hanya menjual sungai, namun kawasan di sekitarnya.

Menikmati Taman Sidandang tidak hanya dengan ciblon. Ada paket wisata yang lebih ekstrim, yakni canyoning menyusuri aliran sungai dan menuruni beberapa air terjun. Bagi para wisatawan yang membutuhkan pemandu untuk menyusuri dan mengenal seluruh pelosok isi dari taman sidandang ini, ada pemandu wisata yang tergabung dalam wadah Bogowonto Indonesia Adventure (BIA) yang selalu siap memandu dan menemani para wisatawan yang sedangberlibur.

15. Bukit Sikepel

Destinasi wisata hutan pinus di Perbukitan Menoreh dengan pemandangan alam yang begitu indah. Udaranya sejuk dan segar sangat cocok buat kamu yang ingin menyingkir dari segala kesibukan dan mencari secuil ketenangan. Recommended juga buat acara camping dan hunting foto.

Wisata Bukit Sikepel pada musim hujan memberikan spot foto dengan backround kabut yang memberikan efek foto jadi bagus. Saat pagi hingga siang hari menjadi waktu favorit para fotografer, karena dengan kondisi cuaca yang dingin serta danya kabut halus menjadi efek natural yang menjadikan foto lebih bagus dari biasanya. Selain untuk foto cuaca seperti ini cocok untuk menikmati makanan yang anget terutama minum kopi bersama keluarga atau orang tersayang anda.

16. Hutan Pinus Kalilo

Wisata hutan pinus selalu menarik untuk dikunjungi karena menyuguhkan panorama alam yang asri dan sejuk sehingg bikin fresh pikiran. Kamu bisa menyusuri jalan setapak di antara rindangnya hutan pinus sembari menikmati kesejukan alamnya.

Di kawasan hutan sudah tersedia beberapa spot foto keren yang bakal membuat momen selfiemu semakin maksimal. Beberapa diantaranya yaitu adanya rumah hobbit yang menjadi tempat favorit untuk berfoto, selain itu juga adanya pohon ngapus yang letaknya tidak jauh dari rumah hobit. Selain itu terdapat spot foto selfie deck yang letaknya berada di atas pohon pinus yang memberi kesan lebih natural. Dan yang tidak kalah menarik adalah keberadaa Watu Tumpang yang begitu unik, demikian juga dengan momen sunrisenya yang eksotis.

Wisata Hutan Pinus ini merupakan salah satu objek wisata baru di daerah Purworejo yang baru dibuka sekitar lima bulanan, dan bisa mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan.Menurut pengelola hutan pinus Kalilo ini sebenarnya sudah dibuka pada awal 2017. Wisata ini bisa menjadi terkenal atau viral seperti sekarang ini mungkin tidak jauh dari para wisatawan yang menggunggah aktifitas atau foto berlatar belakang hutan pinus yang indah di media social seperti instagram, facebook dan lainnya, Sehingga para penggunjung tersebut merasa menjadi penasaran untuk bisa mengeksplor tempat ini.

17. Taman Batu Goa Sekantong (TBGS)

Lokasi wisata Taman Batu Goa Sekantong saat ini menjadi tujuan sebagian wisatawan lokal yang ingin menikmati keindahan alam pegunungan dengan udara dan hawa yang sejuk, serta saat pagi wisatawan melihat sunrise (matahari terbit) dan menjelang malam pun banyak wisatawan yang ada di pegunungan ini untuk melihat sunset (matahari tenggelam). Selain menyajikan keindahan alam pegunungan, kamu juga bisa menjelajahi keindahan goa dan hutan pinus di kawasan ini. Acara santaimu akan semakin lengkap dengan secangkir kopi hitam Sikantong Robusta yang nikmat.

Ini berbatasan dengan wilayah Kulonprogo.

Hingga saat ini animo wisatawan lokal cukup banyak yang meluangkan waktu untuk berlibur di kab purworejo dan grafik data dari waktu ke waktu cenderung terjadi peningkatan yang signifikan. Hingga saat ini tren pergi ke objek wisata alam masih tingga, sehingga wisatawan pergi ke area wisata perbukitan menoreh. Medannya cukup menantang, sebaiknya perhatikan setiap langkah Anda saat menjelajah. Berjumpa gazebo sederhana untuk istirahat bersantai ataupun berteduh dikala hujan. Lalu juga akan melewati jembatan yang terbuat dari bambu, serta tanjakan jalan merayap.

18. Puncak Khayangan Sigendol

Udara di Puncak Khayangan Sigendol sangat sejuk dengan keindahan alam yang begitu menakjubkan bak negeri di atas awan. Jalur menuju ke lokasi wisata memang cukup ekstrem dan menguji adrenalin, sangat cocok buat kamu yang suka petualangan. Selain menikmati keindahan alam dari atas ketinggian dan berburu spot foto selfie, kamu juga bisa berkemah di puncak bukit.

Objek wisata alam Puncak Khayangan Sigendol ini berlokasi di dukuh Giyombong, Purworejo dan terletak di ketinggian sekitar 1000 mdpl, dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan indah menghampar di dataran yang lebih rendah. Lokasi wisata ini di bangun dengan berbagai spot foto yang bagus dan menarik minat para wisatawan lokal yang ingin mengabadikan momen terbaik bersama keluarga tercinta.

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *