20 Objek Wisata Sukoharjo Terpopuler 2019

Posted on

20 Objek Wisata Sukoharjo Terpopuler 2019

Sukoharjo yakni salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Sebuah Kabupaten yang mempunyai segudang malahan semilyar pemandangan dan pesona alam yang benar-benar menakjubkan bagi siapa saja yang memandang seketika estetika liburan alamnya. Estetika liburan di Sukoharjo ini belumlah seluruhnya terekspos ke publik sebab masih ada sebagian tamasya tamasya alam yang masih tersembunyi sehingga banyak dari traveler dan malah orang Sukoharjo sendiri masih belum mengenal obyek tamasya yang ada di Sukoharjo hal yang demikian.

Sukoharjo sendiri mempunyai berjenis-jenis ragam obyek tamasya yang semestinya kalian explore jikalau sedang berwisata atau sedang berada di Sukoharjo. Tamasya itu antara lain berupa Air terjun atau Curug, Danau atau Waduk, Website peninggalan sejarah atau Museum, Titik titik daerah berhunting Foto kekinian yang betul-betul instagramable, sampai liburan masakan yang amat memanjakan lidah anda.

Tamasya yang disuguhkan di Kabupaten Sukoharjo ini sangatlah luar umum memanjakan mata anda. Oleh karena itu jangan cemas deh sebab sobat pelancong benar-benar rekomendasikan banget buat kau untuk bertamasya ke bermacam-macam obyek tamasya dibawah ini.

1. Gunung Sepikul

Tamasya Bukit Sepikul Sukoharjo ini yaitu sebuah tamasya alam yang berada di Sukoharjo yang mempunyai pemandangan semacam itu cantik nan eksotik. Apalagi bila di petang hari akan terasa sepesial merasakan suasana sunset dengan berlatarbelakang sebuah bukit yang gagah nan cantik pastinya.

Untuk Tikel masuk liburan bukit sepikul ini sendiri untuk sementara ini tak dipunggut baiaya akan tapi kalian Hanya mesti perlu membayar karcis parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 7.000 untuk kendaraan beroda empat, dan itu telah menjadi tarif sah untuk bisa merasakan tamasya bukit sepikul ini.

Setibanya di puncak, karenanya panorama yang seperti itu menawan seketika tersaji di depan mata yang seakan menghapus seluruh kelelahan perjalanan ketika menempuhnya. Hamparan sawah yang seperti itu luas dari ketinggian seakan kian meyakinkan bahwa Sukoharjo benar-benar yaitu lumbung padi Provinsi Jawa Tengah.

2. Waduk Mulur

Liburan Waduk Mulur di Bendosari Sukoharjo Jawa Tengah amat pantas untuk mengisi aktivitas wisata anda, apalagi ketika tamasya panjang seperti libur nasional, maupun hari ibur lainnya. Estetika Liburan Waduk Mulur di Bendosari Sukoharjo Jawa Tengah ini sangatlah bagus bagi anda segala yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi daerah Tamasya Waduk Mulur di kota Sukoharjo.

Mulanya diaplikasikan sebagai penampungan air. Kemudian seiring perkembangan waktu, lokasi hal yang demikian juga diwujudkan budidaya ikan. Ketika ini Waduk Mulur terbuka luas bagi masyarakat untuk bertamasya bersama keluarga atau sahabat. Bagi kau yang punya hobi mancing, Waduk Mulur yakni daerah yang asik banget. Kecuali ikan nya banyak, harganya juga murah.

3. Telaga Claket

Liburan Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah mempunyai pesona estetika yang betul-betul menarik untuk dikunjungi. Amat di sayangkan kalau anda berada di kota Sukoharjo tak mengunjungi Tamasya Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah yang memiliki estetika yang tiada duanya hal yang demikian.

Telaga Claket bukan cuma menghadirkan estetika telaganya, tapi juga menawarkan perpaduan antara tamasya dan agro. Tarif ini bisa ditemui di sebelah timur gazebo terdapat peternakan kambing dan juga terdapat kolam-kolam untuk membudidayakan ikan lele. Serta di sebelah selatan telaga bisa ditemukan sebuah zona outbound simpel.

Pengunjung yang datang ke telaga berbagai-variasi ada yang kelompok sosial pemancing, peserta yang mau mengadakan tamasya alam dan para wisatawan lainnya. yang murah dan sensasi yang didapatkan mewujudkan telaga claket sering kali ramai pengunjung dikala hari libur. Untuk menambah estetika dan menghindari panas sebaiknya datang ketika petang saat sang surya hendak terbenam, semburat sinar dari balik perbukitan menjadi background yang total.

4. Telaga Biru

Destinasi Liburan Telaga Biru di Candirejo Sukoharjo Jawa Tengah benar-benar sesuai untuk mengisi aktivitas tamasya anda, apalagi ketika wisata panjang seperti libur nasional, maupun hari ibur lainnya. Estetika Destinasi Tamasya Telaga Biru di Candirejo Sukoharjo Jawa Tengah ini sangatlah bagus bagi anda segala yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi daerah Destinasi Liburan Telaga Biru di Candirejo Sukoharjo Jawa Tengah di kota sukoharjo.

Walaupun masih terbilang liburan baru, pesona estetika danau yang tak terwujud secara natural hal yang demikian cakap menyedot perhatian banyak wisatawan dari berjenis-jenis tempat. Telaga Biru Gunung Kidul demikian itu populer di kalangan buah hati muda sebab memperkenalkan pemandangan alam yang menawan dengan airnya yang berwarna biru kehijauan dan juga eksistensi bukit kapur yang menambah eksotis panoramanya.

5. Dunia Air Pandawa

Pandawa Water Wold mengusung konsep seperti kebanyakan Waterboom lainnya. Melainkan, ada sedikit perbedaan antara waterboom lain dengan Pandawa Water World. Lalu apa uniknya kolam renang ini? Pandawa Water World yakni Waterboom kelas internasional. Jadi, dijamin kau akan puas merasakan berjenis-jenis wahana yang ada disana. Pandawa Water World telah mempunyai fasilitas yang sungguh-sungguh komplit. Hingga kini setidaknya telah ada 27 wahana yang dapat dirasakan para pelancong.

Kesan etnik dipadukan dengan kecangihan teknologi akan memberikan keseruan ketika bertamasya. Daerah liburan ini mempunyai jam buka dari pukul 9 pagi, dan tutup pada pukul 6 petang. Khusus hari Sabtu dan Pekan atau dikala weekend, daerah tamasya ini akan dibuka pada pukul 8 pagi. Umumnya pada hari-hari weekend atau hari-hari libur yang lain akan ada banyak pengunjung yang memadati daerah tamasya ini.

6. Curug Krajan

Curug Krajan, yaitu sebuah nama air terjun yang beraliran sungai kecil dari curug Krajan yang masih asri dan bening. Lingkungan sekitarnya bahkan masih semacam itu natural dan bersih. Curug ini berlokasi di Desa Krajan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Yang sebetulnya memiliki pesona yang lumayan cantik yang berlokasi tidak semacam itu jauh dari perumahan warga.

Destinasi Curug Krajan ini bisa dibilang ialah destinasi murah. Pengunjung tak dibebankan tarif karcis masuk sepeserpun. Pengunjung cuma diharuskan membayar parkir sebesar Rp 2.000 saja. Kecuali murah untuk dikunjungi, jangan takut untuk membeli makanan yang dipasarkan warga sekitar di sana. Mereka memasarkan makanan-makanan dengan harga yang murah juga.

7. Dam Colo

Bendungan Colo berlokasi di Sukoharjo, Liburan Bendungan Colo ini memiliki luas 32.200 hektar. Liburan ini mempunyai estetika yang amat menarik untuk dikunjungi dan layak untuk mengisi waktu lengang dan tamasya kau. Bendungan Colo kare wilayah ini yaitu wilayah yang memiliki banyak ikan. Beberapa besar para pemancing datang dikala hari memasuki siang dan pulang ketika waktu memasuki malam dengan hasil tangkapannya.

Jika diamati sesungguhnya panorama alam sekitar Bendungan Colo yang cantik berpotensi dimaksimalkan sebagai wilayah tamasya favorit. Tetapi sepertinya pemerintah tempat setempat belum serius mengoptimalkan potensi liburan sebab pendapatan orisinil tempat (PAD) bukan berasal dari retribusi tamasya. Sedikit berita bahwa pendapatan autentik tempat Sukoharjo paling tinggi dari berasal dari sektor pertanian dan industri.

Meskipun dapat dibilang cuma adalah sebuah bendungan, melainkan hakekatnya pemandangan sampai suasana di Tahan Colo ini betul-betul berpotensi untuk menjadi sebuah destinasi tamasya. Apabila kemari ketika cuaca cemerlang, karenanya hijaunya rerumputan, pohon-pohon, dan perbukitan di sekitar bendungan akan kelihatan indah dengan warna langit yang biru.

8. Royal Water Adventure

Royal Water Adventure merupakan alternatif lain liburan air yang ada di Sukoharjo, letaknya berlokasi di Jalan Raya Telukan KM 8 Sukoharjo. Tak keok dengan daerah sebelumnya, waterpark ini juga mempunyai bermacam-macam wahana opsi yang menarik seperti jenis-tipe seluncuran dan kolam, anda bisa merasakan waterpark ini cuma dengan membayar harga karcis sebesar Rp. 20 ribu hari lazim dan Rp. 30 ribu hari libur.

Ada beraneka wahana yang ditawarkan di Royal Water Adventure. Destinasi ini mempunyai gedung lantai 4 dengan bermacam-macam wahana menarik khusus buah hati-buah hati. Tersedia kolam arus, play ground, body slide, dan kolam renang semi olympic. Memberikan kepuasan, play ground pun dihadirkan di tengah kolam besar. Desainnya unik menyerupai istana warna warni.

9. Transformer Park

Transformer Park Solo ini kini menjadi salah satu destinasi tamasya yang amat populer di Instagram. Tetapi kalian jangan pernah berfikir seandainya di Transformer Park Solo ini kalian bakal menemukan bermacam Autobot ataupun Decepticons yang menjadi tokoh dalam film Transformer.

Tapi sebab formatnya menyerupai kendaraan yang ada di film Transformer, makanya daerah ini disebut sebagai Transformer Park, wilayah tamasya selfie ini sendiri sesungguhnya telah lama ada, tapi baru di buka untuk biasa baru baru ini, terbukti ketertarikan dari para wisatwan yang berharap memandang estetika truk jaman dahulu sangatlah tinggi, terutama truk truk tua ini, di tata saling bertindih, sehingga menjadi titik yang menawan dan ikonik sekali untuk diwujudkan seagai titik foto yang kekinian.

Bagi para pelancong yang beratensi untuk datang ke wilayah Transformer Park, karenanya rute yang bisa anda dapatkan merupakan wilayah ini berlokasi di jalan yang ada di timur transmart Pabelan, jangan melalui depan atau yang belakang, sebab itu jalan masuk ke kantor, atau tepatnya berada di belakangarea Balai Besar Sungai Bengawan Solo.

10. Alun – Alun Satya Negara Sukoharjo

Alun – alun ini yaitu salah satu titik nongkrong populer di kalangan si kecil muda Sukoharjo. Di sini Anda dapat duduk santai di bawah pohon rindang yang ada di pinggiran alun – alun sembari mengambil foto dengan latar belakang artikel “Alun – Alun Satya Negara Sukoharjo”.

Berstatus sebagai fasilitas pemerintah, Alun – Alun Satya Negara Sukoharjo bisa dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar karcis masuk sama sekali. Walaupun demikian itu, waktu terbaik untuk berkunjung ke daerah ini yakni di pagi hari dan petang hari, ialah dikala cahaya sang surya tak terlalu terik.

11. Museum Pesanggrahan Langenharjo

Pesanggrahan Langenharjo yakni wilayah yang difungsikan sebagai wilayah rekreasi keluarga kerajaan Keraton Surakarta. Fungsi dari wilayah yang berlokasi di pinggiran Sungai Bengawan Solo itu juga diperoleh dari arti kata “langenharjo” yang bisa dimaknai sebagai perasaan nyaman dan tenteram sementara “pesanggrahan” sendiri berarti daerah peristirahatan.

Zona Pesanggrahan Langenharjo pernah betul-betul tenar di sekitar tahun 1990, sebagai lokasi pemandian yang dibuka untuk masyarakat awam. Konon seandainya mandi di pemandian ini, karenanya penyakit yang diderita dapat sembuh, secara khusus penyakit kulit. Terutama banyak mitos berkaitan keberadaan bangunan ini. Semisal adanya satu Sumur Bandung yang konon yaitu sumber air suci. Kemudian juga terdapat Pentas Jonggring yang oleh masyarakat setempat diyakini sebagai lokasi pertemuan dengan penguasa para lelembut, utamanya Nyai Roro Kidul.

Bangunan-bangunan di pesanggrahan ini dapat dikatakan masih terjaga dengan bagus ketimbang bangunan di lokasi Pemandian Langenharjo. Cuma saja lingkungan pesanggrahan kelihatan tak terawat sebab rumput dan semak kelihatan tumbuh tinggi di halaman depan sehingga menimbulkan kesan yang mengerikan dan tak terawat ketika menjelang wilayah ini.

12. Gunung Taruwongso

Batu Manten Gunung Taruwongso ialah salah satu potensi daerah tamasya dari tempat Sukoharjo atau juga kerap di ketahui dengan semboyan Kota Makmur ini. Pesona panorama alam yang eksotis senantiasa menjadi pilihan atau energi tarik untuk sekedar melepas penat atau merefresh pikiran kita. Kecuali itu teduhnya suasana dan segarnya tiupan angin akan menambah kenayamanan di daerah ini.

Sesudah kalian melaksanakan pendakian tanggatersebut dan alhasil dapat hingga juga di Puncak Taruwongso. Karenanya kalian akan seketika disuguhi dengan panorama pemandangan dari perkampungan Kabupaten Sukoharjo dan tentunya hamparan pemandangan alam yang demikian itu memikat.

Pembetulan jalan masuk dan lokasi bahkan sekarang kian terus digiatkan sebab daerah ini termasuk aset pariwisata di Sukoharjo yang tidak lekang oleh waktu. Bagi para generasi tua daerah ini seolah membangkitkan kenangan masa lalu dan memberikan suasana sebagai pemutar waktu.

13. Wisata Alam Batu Seribu

Objek tamasya Batu Seribu yakni wilayah tamasya alam pegunungan yang masih natural yang berlokasi di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Berdasarkan sejarah terciptanya, Objek Tamasya Batu Seribu bermula dari sumber air yang berada di Pegunungan Batu Seribu yang tak pernah kering padahal pada musim kemarau.

Sumber Pacinan mempunyai potensi alam yang berlimpah, seperti keadaan pegunungan yang berbatu-batu dan berbukit-bukit yang di kembangkan oleh pemerintah tempat sukoharjo menjadi hutan buatan merupakan hutan jati sehingga menjadikan panorama yang cantik dan berpotensi untuk dioptimalkan menjadi objek tamasya oleh pemerintah Kabupaten Sukoharjo.

Dulunya Batu Seribu banyak dikunjungi oleh para pelancong yang berkeinginan menikmati segarnya mandi dengan air seketika dari mata air di tengah rimbunnya pohon-pohon. Fasilitas tamasya di Batu Seribu bahkan bukan cuma kolam renang, tersedia pula taman bermain dan gardu pandang untuk merasakan panorama alam pegunungan.

14. Pemandian Air Hangat Langenharjo

Pesanggrahan Langenharjo didirikan oleh Sunan Paku Buwono IX tahun 1870 dan dilanjutkan oleh Sunan Paku Buwono X. Konon daerah ini dipakai oleh keluarga Kasunanan Surakarta untuk rehat. Pesanggrahan Langenharjo, berlokasi di sisi utara sungai Bengawan Solo tepatnya berada di Desa Langenharjo, Rt 03 Rw II Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Kecuali sebagai daerah berekreasi, pada mulanya daerah hal yang demikian juga diaplikasikan sebagai daerah meditasi sang Raja. Sanggar ini bisa ditemukan dengan adanya ruang yang bernama Pamujan, ruangan hal yang demikian khusus diterapkan sebagai daerah untuk bersemedi atau tapa brata, demi menerima ilham atau wangsit dalam mengambil keputusan penting yang yang berkaitan dengan persoalan yang dihadapi raja atau masyarakat.

15. Alas Karet Polokarto

Alas Karet Polokarto yaitu salah satu daerah menawan yang tersembunyi di kawasan Sukoharjo. Sebab dapat dibilang amat minim kabar mengenai daerah-daerah menarik yang ada di Kota Sukoharjo. Malahan mungkin ada yang berpendapat Sukoharjo tak mempunyai daerah yang menarik yang bisa dikunjungi.

Dipenuhi dengan pohon karet yang ditanam dengan garis yang rapi dan tumbuh tinggi menempuh 20 meter, alas karet ini tampak demikian itu menawan untuk dipotret. Malahan jikalau tak ada objek manusianya sekali bahkan. Tidak mengherankan bila Alas Karet Polokarto menjadi salah satu lokasi unggulan para fotografer untuk mewujudkan karya. Alas ini juga kerap dipilih menjadi lokasi foto prewedding.

Apabila kalian mau menerima peristiwa ketika para petani mengerjakan aktivitas menyadap karet, silahkan datang pada waktu subuh. Pada waktu itu banyak sekali petani yang mengerjakan kesibukan penyadapan.

16. Petilasan Keraton Kerajaan Pajang

Lokasi ini yakni Petilasan Keraton Pajang. Kerajaan Pajang ambruk seiring berdirinya Mataram. Bekas fisiknya nyaris tidak menonjol sebab tergoda umur. Tidak ada sisa beteng, bekas bangunan atau semacamnya yang membuktikan perjalanan jasmani Keraton Pajang selama ratusan tahun. Yang masih tersisa dari Keraton Pajang hanyalah sisa-sisa kayu yang dahulunya yaitu getek atau rakit yang pernah dinaiki Joko Tingkir dikala melawan buaya.

Untungnya bekas kawasan kekuasaan Kesultanan Pajang dapat diperhatikan di Kampung Laweyan yang dahulu menjadi komponen dari pemukimannya. Masih ada sebagian rumah kuno mempunyai arsitektur Jawa tempo dahulu dengan batu bata yang masih kokoh sebagai pondasi rumah. Ada juga bunker bawah tanah yang konon berfungsi sebagai daerah penyimpanan barang berharga.

17. Keraton Kartasura

Sejarah Keraton Kartasura bermula dari pemberontakan Trunajaya dari Madura, pada tahun 1.677, yang menyerbu di Keraton Mataram lama di Plered. Dikala itu Adipati Anom yang berikutnya bergelar Amangkurat II, melarikan diri ke hutan Wanakerta, dan mendirikan Keraton Kartasura.

Web Petilasan Kraton Mataram Kartasura adalah salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Islam di Indonesia. Tak banyak yang mengenal eksistensi peninggalan sejarah ini sebab minimnya kabar dan letaknya tak dihasilkan sebagai liburan sejarah. Meski lokasinya cukup dekat dengan sentra keramaian kota kecil yang ketika ini juga diberinama sebagai Kartasura.

18. Pabrik Gula Gembongan

Pabrik Gula Gembongan Kartasura Sukoharjo Tamasya The Heritage Palace telah mulai dibuka semenjak 9 Juni 2018. Pembukaan Tamasya The Heritage Palace untuk memeriahkan peristiwa Lebaran 2018 dan tentunya Mudik Ke Solo. Aku lihat ini taktik agar lebih pesat diketahui sebagai opsi liburan keluarga di Solo Raya.

Pabrik itu berdiri di bawah bayang-bayang cerobong asap yang telah lama tidak mengepulkan asap. Dari jalan raya Kartasura-Surakarta, cerobong itu masih terlihat membumbung tinggi kendati ketinggianya sudah dilampaui oleh sebuah apartemen baru di sebelah selatannya. Selama ini, aku cuma bisa mengagumi kemegahan pabrik yang terselubung oleh pagar tinggi dari luar.

19. Langgar Merdeka Laweyan

Bangunan Langgar Merdeka dibangun 2 lantai dengan maksud lantai atas difungsikan sebagai daerah ibadah shalat meskipun lantai bawah difungsikan untuk penunggu pengelola Langgar Merdeka dengan diwujudkan figur warung-warung supaya bisa dipergunakan oleh pengelola untuk usaha yang kesudahannya untuk menghidupi keperluan langgar dan dan kehidupan pengelolanya.

Masih berdiri dengan gagah sebuah daerah ibadah bernama Langgar Merdeka di pertigaan jalan menuju Jalan Sidoluhur. Bangunan dominan warna hijau ini terdiri dari dua lantai, lantai dasar dipakai untuk daerah usaha, meskipun lantai dua masih dipakai untuk beribadah. Siapa sangka bangunan tua yang kerap kali disebut Langgar Al Dada oleh penduduk sekitar hal yang demikian adalah bekas rumah candu milik saudagar di sana.

20. Umbul Pecinan Batu Seribu

Obyek liburan Batu Seribu atau ada juga yang menyebutnya Bangseng, yaitu wilayah liburan yang telah beroperasi semenjak tahun 1993. Di dalamnya ada banyak daerah menarik untuk dihampiri. Pantas buat travelers yang berkeinginan mengunjugi banyak destinasi dalam satu lokasi.

Untuk hingga ke objek tamasya itu, pelancong umumnya mengalami kesusahan. Penunjuk arah yang cuma sedikit tak jarang membikin pelancong tersasar sementara jalan-jalan yang wajib dilewati sempit dan bergelombang. Walau semacam itu, perbukitan batu cadas di sebelah kiri dan kanan yang mendampingi sepanjang perjalanan dari Sukoharjo hingga ke wilayah liburan itu, dapat menjadi opsi panorama yang menyegarkan. Dari gerbang masuk, pelancong patut menemukan sebuah sendang yang diketahui sebagai Sendang Lele khususnya dulu.

Itulah tadi 20 Obyek Tamasya di Sukoharjo yang amat luar awam menawan yang amat sayang sekali untuk dilewatkan kalau anda sedang berwisata atau akan menetapkan berwisata ke Sukoharjo.

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *