16 Objek Wisata di Wonogiri Bagus 2019

Posted on

Wonogiri yaitu salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Sebuah Kabupaten yang mempunyai segudang malah semilyar pemandangan dan pesona alam yang benar-benar menakjubkan bagi siapa saja yang memandang segera estetika tamasya alamnya. Estetika tamasya di Wonogiri ini belumlah seluruhnya terekspos ke publik sebab masih ada sebagian tamasya tamasya alam yang masih tersembunyi sehingga banyak dari traveler dan pun orang Wonogiri sendiri masih belum mengenal obyek tamasya yang ada di Wonogiri hal yang demikian.

Wonogiri sendiri mempunyai pelbagai tipe obyek tamasya yang harus kalian explore jikalau sedang bertamasya atau sedang berada di Wonogiri. Tamasya itu antara lain berupa Air terjun atau Curug, Danau atau Waduk, Website peninggalan sejarah atau Museum, Titik titik daerah berhunting Foto kekinian yang betul-betul instagramable.

1. Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu menjadi salah satu destinasi tamasya unggulan di Wonogiri dan menarik untuk dikunjungi. Pasir pantainya yang putih, dihiasi dengan karang-karang yang cantik membikin Pantai Nampu berpotensi besar untuk menjadi liburan alam yang populer di kalangan pelancong.

terletak di Dsn Dringo, Ds Gunturharjo, Kec Paranggupito, Kab Wonogiri, Jawa Tengah. Dari sentra kecamatan Paranggupito jaraknya sekitar 15 kilometer. Pantai Nampu masih belum banyak diketahui oleh pelancong dikarenakan jalan masuk transportasi menuju ke lokasi yang masih agak susah. Malah, hingga kini belum tersedia angkutan biasa yang lewat Pantai Nampu sehingga bagi pelancong yang berkeinginan menuju ke lokasi direkomendasikan untuk menerapkan kendaraan pribadi.

Suasana yang masih sepi dan asri membikin Anda bisa mengerjakan banyak kegiatan di sini. Waktu tamasya Anda bersama keluarga akan kian berkesan dengan suguhan panorama alam Pantai Nampu yang elok dengan hamparan pasir putih dan garis pantainya yang panjang.

2. Pantai Sembukan Wonogiri

Pantai sembukan yang berada di Wonogiri adalah salah satu pantai yang benar-benar tenar, serta menjadi salah satu tujuan para pelancong dikala datang ke Wonogiri dan sekitarnya. Pantai sembukan hadir dengan ombak khas pantai Selatan sehingga sedikit ngeri dikala kita dekati.

estetika mengenai pantai sembukan ini telah tak perlu diragukan lagi. Padahal di balik keindahannya hal yang demikian tersimpan mitos mengenai pantai satu ini. Salah satunya mitos yang terkait dengan Ratu Pantai Selatan. Untuk itu, seketika saja kita bahas secara komplit mengenai pantai sembukan Wonogiri.

Pantai sembukan adalah surganya para pemancing. Untuk itu jikalau Anda ialah salah satu orang yang mempunyai hobi memancing ikan karenanya datang ke pantai sembukan adalah salah satu jawaban yang ideal.

3. Pantai Puyangan Wonogiri

Pantai Puyangan yaitu kekuatan tarik tersembunyi di kabupaten Wonogiri. Keberadaannya jarang dikenal sebab bukan adalah wilayah tamasya. Beberapa besar orang cuma mengetahui wilayah Pantai Sembukan dan Pantai Nampu sebagai objek tamasya pantai di kabupaten Wonogiri.

Pantai Puyangan masih satu lokasi dengan Wilayah Liburan Pantai Nampu, posisinya ideal berada di sebelah barat wilayah Pantai Pringjono. Pantai Puyangan diapit oleh dua buah tebing dengan garis pantai yang cukup luas memanjang sekitar 100-200 meter. Situasi wilayah Pantai Puyangan sangatbersih, tak terlihat sampah betebaran atau mengumpet dibalik pasir pantai. Kecuali itu pasir pantainya amat lembut dan nyaman untuk diaplikasikan bermain pasir.

4. Pantai Klotok Wonogiri

Objek wisata Pantai Klotok ini terletak di dukuh panggupito, selain itu Pantai ini dahulu pernah diproyeksikan menjadi pelabuhan penangkapan ikan. Tumpukan beton pemecah ombak juga banyak ditemui di pantai hal yang demikian. Tetapi, sampai sekarang pelabuhan itu tak pernah digunakan. Salah satu kendalanya, ombaknya terlalu besar dan terlalu banyak bebatuan karang di sekitar pantai, sehingga membahayakan bagi perahu-perahu nelayan.

Pantai Klotok sungguh-sungguh gampang dijangkau sepeda motor ataupun kendaraan beroda empat. Sekiranya berangkat dari Wonogiri Kota, kita dapat berkendara ke arah selatan sekitar 60 kilometer menuju ke Kecamatan Paranggupito. Setibanya di pertigaan Kecamatan Paranggupito, belok ke kanan (selatan) sekitar 5 kilometer hingga ke Pantai Sembukan.

5. Pantai Pringjono Wonogiri

Tempat wisata yang lain yaitu Pantai Pringjono secara geografis beralamat di dukuh Gunturharjo. Untuk menempuh pantai ini, dapat mengaplikasikan kendaraan pribadi seperti kendaraan beroda empat atau sepeda motor. Lokasi Pantai Pringjono Wonogiri masih dalam satu wilayah dengan Pantai Nampu. Posisinya ideal berada di sebelah barat dari Pantai Nampu atau disebelah timur dariPantai Puyangan.

Sebab belum tereksposnya pantai ini membikin Pantai Pringjono layak untuk mencari ketenangan sembari merasakan panorama pantai yang enak dipandangmata.disitulah letak estetika dan keistimewaanya sebab disini semuanya akan kelihatan masih natural dan seperti berada di pantai milik peribadi.

6. Pantai Banyutowo Wonogiri

Pantai Banytowo di Wonogiri mempunyai keistimewaan tersendiri dibanding dengan pantai lainnya, adalah mempunyai air yang tawar tak asin. Air tawar ini bersumber dari air bawah tanah yang bermuara di Pantai. Seperti kita kenal bahwa di kawasan Wonogiri terdapat hamparan karst yang sagat luas. karst ini benar-benar memungkinkan penyusunan air bawah tanah di bawah permukaan.

View pemandangan alam di Pantai Banyutowo Wonogiri tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai dan hamparan pasir putih dihiasi bukit karang dan deburan ombak yang menawan tentunya. Eh ada juga air terjunnya lho. Kecuali merasakan estetika aam kita juga dapat memancing bersama sahabat atau keluarga dipantai ini.

7. Pantai Waru Wonogiri

Pantai Kuwaru menawarkan pantai yang rindang dengan dukungan pohon cemara udang yang menyebar di sepanjang pantai. Dengan adanya pohon cemara udang ini membikin anda yang berwisata ke Pantai Kuwaru akan menikmati udara adem. sekitar pantai anda akan menemukan pasar ikan yang khusus disediakan terhadap pengunjung yang mau bersantap ria di pantai Kuwaru.

Titik foto yang disediakan malah cukup baik, sebab terdapat kapal-kapal nelayan yang diparkir di sepanjang pantai dan pohon-pohon cemara udang yang ditanam secara rapi. Waktu yang pantas untuk berkunjung ke Pantai Kuwaru yakni petang hari.

8. Pantai Karang Payung

Terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, pantai ini mempunyai lokasi di sisi barat Pantai Waru.Dari Wonogiri kota, pengunjung mesti mencapai sekitar 40 menit dengan sepeda motor menuju pantai Nampu. Lalu dilanjutkan berjalan kaki sekitar 15 menit ke lokasi. Nama Karang Payung diambil dari adanya sebuah gua dangkal berukuran sekitar sepuluh meter. Dari dalam gua, dikala memandang ke arah selatan akan menonjol hamparan batuan karang dengan latar belakang lautan lepas. Tak cuma batuan karang, tumpukan batu besar juga berada di sisi sebelah timur. Satu spot juga terdiri dari pasir putih yang tak luas, cuma sekitar lima langkah saja.

Terdapat dua sisi pantai di sini, kedua pantai itu cuma terpisahkan deburan ombak. Itu ombak surut, lantas saja berlari menuju sisi barat. Tak perlu takut terlempar ombak, sebab jarak yang semestinya diseberangi cuma sekitar empat meter. Di sisi utara semuanya berupa tebing terjal dengan ketinggian antara sepuluh sampai lebih dari 30 meter. Berita bagus untuk para traveller, sebab dalam waktu dekat pihak desa bakal menggarap pantai ini sebagai daerah tamasya.

9. Pantai Jujugan

Pantai Njujugan adalah pantai kecil yang dataran landainya sirna saat ombak pasang. Pantai ini didominasi pantai tebing dan zona landainya diapit dua buah tebing yang menjorok ke laut. Pantai Njujugan secara administratif berada di desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

10. Pantai Dadapan Wonogiri

Lokasi dari Pantai Dadapan berada tepat di ujung barat Wonogiri dan menjadi perbatasan antara Jawa Tengah dengan Yogyakarta.Lebih tepatnya pantai ini sekarang menjadi salah satu destinasi liburan yang ada di dukuh Jepitu. Pantai Dadapan lokasinya jauh dari jalan raya dan keramaian kota. Oleh karena itu, untuk hingga ke sana dari sentra kota memerlukan waktu yang cukup banyak. Itu pula tak dapat dilewati cuma dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan beroda empat, karena jalanan menuju ke sana terdapat jalan setapak yang semestinya dilewati dengan jalan kaki.

11. Air terjun Seloresi

Ketinggian Air Terjun Seloresi menempuh ±30 meter dengan debit air yang relatif stabil. Konon air yang mengalir di air terjun ini tak pernah surut malah ketika musim kemarau sekalipun. Estetika zona persawahan yang tersusun rapi memang menambah ke eksotisan daerah tamasya ini. Kendati belum legal menjadi daerah liburan yang ada pengelolanya, wilayah Air Terjun Seloresi sekarang mulai ramai dikunjungi pelancong, biasanya mereka datang dari kawasan Wonogiri sendiri.

Tinggi air terjun sekitr 30m, Air bahkan stabil, Estetika zona persawahan yang tersusun rapi memang menambah ke eksotisan daerah tamasya grojogan ini,menyusuri jalan setapak lewat jurang gunung dan tentunya persawahan yang tak semacam itu membikin kelelahan sebab estetika natural panorama yang memandu berpijak selahkan demi langkah, Sedangkan masih amat simpel, pemberesan yang dilaksanakan masyarakat cukup berguna adalah berupa pembuatan jembatan bambu dan jalan jalan setapak yang di ratakan dan di kasih batu tlasah.

12. Air Terjun Girimanik

Kabupaten Wonogiri punya liburan air terjun yang menakjubkan. Merupakan Air Terjun Girimanik, yang punya tiga variasi air terjun sekalian. Di antaranya yaitu Air Terjun Manikmoyo dengan ketinggian 70 meter, kemudian ada Air Terjun Tejomoyo yang tingginya menempuh 30 meter, lalu yang terakhir ada Air Terjun Condromoyo. Air terjun ini berlokasi di sebelah selatan Gunung Lawu. Tidak heran seandainya udara di zona tamasya ini semacam itu adem dirasakan, tapi juga menikam tulang.

Setibanya di lokasi, pengunjung bakal memperhatikan pintu masuk ke bumi perkemahan. Lokasi air terjun dapat ditempuh via pintu masuk ini. Lokasi pertama yaitu Air Terjun Manikmoyo, dengan lama perjalanan 5 menit dari lokasi bumi perkemahan. Kemudian ada Air Terjun Tejomoyo, dapat pengunjung jangkau selama 30 menit perjalanan. Agak lama, sebab pengunjung patut hati-hati menuruni bukit jurang sepanjang jalan. Dan terakhir, Air Terjun Condromoyo, berlokasi di tengah-tengah yang butuh 15 menit perjalanan.

13. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Objek wisata alam Air Terjun Binangun Watu Jadah terletak dekat lereng Pegunungan Lawu. Ada dua air terjun di kawasan itu dan salah satunya adalah air terjun yang tinggi yang dinamakan Watu Jadah. Ketika ini, masih banyak orang yang belum mengenal eksistensi air terjun itu. Malahan warga sekitar bahkan masih ada yang belum mengetahuinya.

Bukan hal yang gampang dan perlu jasmaniah ekstra untuk menuju air terjun Binangun Watu Jadah sebab perjalanan semestinya dilanjutkan dengan jalan kaki selama kurang lebih 1,20 jam. Tetapi jangan kuatir, pemandangan baik sepanjang perjalanan, pohon-pohon rindang dan bunyi aliran sungai akan mengantar pengunjung selama hiking ini.

14. Air Terjun Karangtalun Semagar

Sesungguhnya air terjun disini debitnya betul-betul kecil, seperti aliran air dari kedua sisi tebing, tapi saat hujan debit ini akan kian deras, yang mebuat menarik di air terjun ini yakni alamnya yang masih asri dan belum banyak pelancong, sehingga air terjun ini masih seperti lokasi private buat menghilangkan stress penat profesi.

Tamasya alam Karangtalun ini berada di Dusun Ciman, Desa Semagar, Girimarto atau sekitar 20 kilometer kearah timur dari Wonogiri kota. Tamasya Alam Karangtalun ini memiliki sejumlah objek tamasya menarik dan wajib dikunjungi pelancong seperti air terjun Kalikotak, air terjun Kricikan, Watu Sumyang, Tanggul Asri, dan Pinus Asri.

15. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur lokasi nya tepat di pemerintahan kabupaten Wonogiri, dan berjarak ebi kurang 6 km dari pusat pemerintahan kota wonogiri. Waduk gajah mungkur ini pada awalnya adalah waduk buatan yang dibangun pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air sekitar lokasi untuk area persawahan.

Waduk gajah mungkur memiliki luas kurang lebih 8800 ha di tujuh kecamatan, air waduk diterapkan untunk mengairi sawah tempat disekitarnya, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Klaten, juga untuk kawasan Wonogiri sendiri. disamping untuk pengairan diaplikasikan juga sebagai pemasok air minum dan Pembangkit Listrik Kekuatan Air, sebesar 12,4 MegaWatt. Dulu pemerintah mentransmigrasikan penduduk ke Sumatera Barat. Kareta tergusur oleh adanya waduk ini.

16. Hutan Pinus Bukit Suwondo

Hutan Pinus Suwondo, kau dapat mengoptimalkan kenarsisanmu dengan berburu swafoto dengan bermacam-macam latar yang masih natural. Bosan cuma berswafoto? Hm, kau juga dapat tuh cobain sensasi hammocking di sana. Yap, deretan pohon pinus yang tersusun rapi dapat mendorong kau untuk bersantai di atas hammock sembari merasakan segarnya alam hutan pinus.

Memiliki estetika yang benar-benar menawan dan teduh, disertai pohon-pohonnya yang rindang. Yang pastinya tak keok menarik dan cantik dengan liburan pinusan yang ada di Jawa Tengah. Suasananya konsisten asri dan menyejukan mata dan pernapasan. Amat layak deh buat kalian pre-wedding maupun buah hati muda menyenangi foto- foto.

Itulah tadi 16 Obyek Liburan di Wonogiri yang amat luar awam menawan yang sungguh-sungguh sayang sekali untuk dilewatkan kalau anda sedang bertamasya atau akan menentukan bertamasya ke Wonogiri.

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *