15 Lokasi Wisata Wonosobo Favorit Wisatawan

Posted on

Wonosobo Berlokasi persis di tengah-tengah provinsi Jawa Tengah, Kota Wonosobo menaruh segudang obyek tamasya yang siap mempesona hati tiap-tiap pengunjungnya.

Dengan lansekap beberapa besar merupakan tempat pegunungan, Toppers dapat merasakan udara teduh dari beragam daerah tamasya Wonosobo yang menarik. Penasaran dengan bermacam-macam estetika tujuan rekreasi Wonosobo yang disuguhkan? Yuk, simak anjuran obyek tamasya di Wonosobo yang jadi unggulan para wisatawan berikut ini!

1. Dieng

Estetika alam Dieng Plateau menjadi anugerah yang tidak ternilai harganya, sebagai daerah tamasya andalan di Jawa Tengah, dataran tinggi Dieng yang masuk dalam ranah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara menawarkan lebih dari 37 objek tamasya yang sudah diakui Dunia. Kami mengupas-tuntas daftar objek tamasya di Dieng dengan dokumentasi original yang sukses diabadikan sepanjang tahun.

Berlokasi di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, dan berjarak sekitar 30 km dari Kota Wonosobo. Ada banyak banget obyek tamasya yang pastinya nggak boleh terlewatkan untuk dikunjungi. Kecuali itu, ada satu acara keren yang dihelat tiap-tiap tahunnya di dieng, adalah Dieng Culture Festival, sebuah festival yang menggabungkan elemen musik, tradisi dan tamasya jadi satu.

Gabungan antara estetika pemandangan alam dan keagungan kultur sisa peninggalan masa lalu mewujudkan Dieng mempunyai poin tambah tersendiri dibanding dengan yang lain, banyak orang yang sudah mengunjungi beraneka daerah liburan diseluruh pelosok dunia, dan jarang ada yang seperti Dieng terpenting lagi dalam soal jarak, tempuh antar objek, hampir segala objek tamasya yang ada diDieng saling berdekatan dengan kawasan porosnya.

2. Agrowisata Tambi

Agrowisata Tambi menyuguhkan hamparan perkebunan teh yang dapat memanjakan mata. Berlokasi ideal di kaki Gunung Sindoro, destinasi tamasya ini menawarkan udara teduh dengan temperatur berkisar 15 – 24 derajat celcius. Kebun teh Tambi Wonosobo, Jawa Tengah. Perkebunan teh ini berlokasi di desa Tambi, Kabupaten Wonosobo, di kaki gunung Sindoro.

Tak susah untuk menempuh lokasi perkebunan ini, apalagi sekiranya memakai kendaraan pribadi. Letaknya gampang dicari sebab berlokasi di trek utama menuju Dataran Tinggi Dieng. Dari kota Wonosobo jaraknya sekitar 16 km ke arah utara. Perkebunan teh Tambi dibangun semenjak tahun 1865, pada dikala Indonesia masih diduduki Belanda. Perusahaan perkebunan ini mulanya didirikan sebagai cabang dari salah satu perusahaan Belanda dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschaappij. Berikutnya perusahaan ini dikelola oleh NV John Peet dengan kantor sentra di Jakarta.

3. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang ialah salah satu waduk yang dibangun di kawasan kabupaten Kebumen dan kabupaten Wonosobo. Kedua kabupaten hal yang demikian belum serius mengoptimalkan wilayah ini sebab susahnya jalan masuk dan jauhnya jarak dari sentra kota. Kekuatan tarik yang ditawarkan waduk Wadaslintang ini cukup menarik sebab dikelilingi oleh pegunungan dan mempunyai hawa yang adem.

Lokasi Waduk Wadaslintang berada di kawasan timur laut kabupaten Kebumen. Dari sentra kota Kebumen menuju ke arah Prembun dengan menerapkan jalanan utama penghubung Kebumen dengan Purworejo. Dari Prembun ikuti trek pilihan ke arah Wonosobo via Waduk Wadaslintang. Sekitar separo jam kemudian kesudahannya pengunjung tiba di gerbang masuk Objek Liburan Waduk Wadaslintang.

Sebagian zona Waduk Wadaslintang sepertinya sesuai diterapkan untuk berburu foto sebab panoramanya luas dan natural. Panorama kontur pegunungan yang ada di belakangnya membikin kesan bahwa waduk ini dikelilingi oleh gugus pegunungan yang luas. Di seberang daerah aku berdiri terdapat sebagian keramba apung yang dipakai untuk memelihara ikan.

4. Pemandian Air Hangat Kalianget

Daerah liburan ini adalah daerah tamasya pemandian air panas yang berlokasi di jalan raya menuju wilayah dieng,tak demikian itu jauh lokasi ini dari sentra kota Wonosobo disisi sebelah kiri perjalanan anda. Akan ramai dikala libur akhir minggu. Wonosobo jadi banyak wisatan dari luar kota pun Kanca negara,,, dengan berbagi Tamasya yg ada d wonosobo salah satunya pemandian air hangat natural yg semacam itu hangat dan segar. Jikalau kalian sedang berwisata d kota wonosobo cobalah jelajah tamasya yg ada di kota hal yang demikian pasti sungguh-sungguh menyenangkan

Mandi sulfur mmg menyehatkan,melancarkan sirkulasi darah dan menyenangkan. Harganya murah sekali cuma 15rb dapat mandi 15 menit krn tdk boleh trll lama,dapat menyebabkan sesak nafas. Pemandian air hangat kalianget ini gampang dijangkau yang berlokasi di jl. raya wonosobo km 3, tempatnya nyaman dengan areal parkir yang luas. air hangatnya natural dari sumber mata air panas yang mengandung sulfur dan ditampung ke sebagian kolam pemandian. Pantas sekali berendam di air hangat natural yang menyehatkan membikin badan kita hangat di udara dinginnya kota wonosobo.

5. Alun-Alun Kota Wonosobo

Kota dingin Wonosobo dikala ini menjadi salah satu destinasi liburan yang tersohor hingga kepenjuru Nusantara malah Dunia. Sebagai warga Wonosobo patut ikut serta andil menjaga estetika Kota Wonosobo supaya konsisten ASRI (Aman, Sehat, Rapi, Menawan), buanglah sampah pada tempatnya, sebab kebersihan ruang publik bukan cuma tanggung jawab Pasukan Orange tetapi segala element masyarakat.

Bagi para pecinta masakan, daerah ini banyak aneka masakan khas Wonosobo yang dijajakan di komponen luar Alun alun. Harganya cukup murah,mulai dari mie ongklok, sate jamur, sampai es duren dan aneka tipe masakan tradisional yang akan memanjakan lidah. Ruang publik ini kian rame pada akhir minggu atau pekan pagi sebab banyak digelar beragam aktivitas Ada yang unik tersedia di wilayah Alun-alun.

6. Curug Sikarim

Curug Sikarim menambah nuansa estetika alam sekitar bukit Sikunir. Dimana suasana pengunungan hijau yang memanjakan mata, bukit sikunir kokoh sebagai latar belakang. Serta air terjun yang mengalir deras panjang dari ketinggian, menghasilkan daerah ini menjadi betul-betul berkesan. Estetika pemandangan nya telah dapat di rasakan dari perjalanan menuju kesana. Kau juga akan menelusuri jalan rolak. Dengan panorama yang menakjubkan di kanan dan kiri. Ada bukit, gunung, jurang yang berpadu dengan ladang-ladang pertanian warga sekitar.

Sebagai obyek tamasya yang masih asri. Serta belum terlalu banyak di jamah oleh manusia, fasilitas di sana masih apa ada nya. Aada fasilitas zona rehat di bawah pohon-pohon yang rindang. Kadang juga di pakai untuk berkemah para wisatawan. Jadi, persiapakan lah peralatan atau kelengkapan seandainya mau camping.

Obyek tamasya curug sikarim wonosobo ini memiliki debit air yang mengalir dari bukit. Sehingga tak dapat di pakai untuk berenang atau bermain-main air. Panorama Curug juga tak fotogenentik sebenar nya. Akan namun alam sekitar nya benar-benar eksotis. Sesudah hingga, para wisatawan dapat memandangi curug sikarim Wonosobo dari tebing batu di depan nya itu. Sesudah puas memandangi air dengan ilustrasi alam lain nya. Selanjut nya ambilah kamera, untuk mengabadikan peristiwa yang langka ini.

7. Lubang Sewu

Lubang Sewu Erorejo ini ialah tepian Waduk Wadaslintang. Waduk Wadaslintang berada di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosono, Jawa Tengah. Waduk yang satu ini mempunyai fungsi yang betul-betul penting, sebab menyangga kerhidupan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Estetika Batu kapur yang ada di Lubang Sewu Erorejo ini, kadang kelihatan seperti Grand Canyon kecil yang betul-betul indah yang berwarna putih. Di tepian Waduk Wadaslintang, tak semuanya berupa batuan kapur, cuma diarea Lubang Sewu inilah yang kini menjadi destinasi tamasya unik dari Wonosobo.

Waduk ini juga dinobatkan sebagai salah satu objek tamasya yang dimiliki Kabupaten Wonosobo. Umumnya wisatawan atau wisatawan akan merasakan estetika waduk dengan berkeliling menyewa perahu, memancing, atau sekadar merasakan keindahannya dari tepian waduk. Ketika musim kemarau tiba dan air waduk akan surut, karenanya terlihatlah bongkahan batu-batu putih nan eksotik, dengan banyak sekali lubang di permukaannya. Itulah Lubang Sewu. Masyarakat menamainya demikian sebab seperti itu banyak lubang ada di batu-batu putih itu, Lubang Sewu artinya ialah Lubang Seribu.

8. Curug Winong Kaliwiro

Wilayah dataran tinggi di Jawa Tengah, dieng menjadi andalan pariwisata kabupaten Wonosobo. Keindahannnya sudah menghipnotis banyak wisatawan untuk berkunjung kesana. Hakekatnya kecuali Dataran Tinggi Dieng, kabupaten wonosobo juga mempunyai obyek tamasya lainnya yang tidak keok menawan dengan Dieng. Ucap saja salah satunya Curug atau Air Terjun Winong.

Estetika Curug Winong kian total dengan hijaunya pohon-pohon dan udaranya yang teduh. Di lokasi ini, anda dapat naik ke atas batu dan mengamati aliran airnya dari dekat. Kecuali itu, bagi anda yang hobi berenang, anda dapat melaksanakan hobi anda disana. Curuk Winong yaitu salah satu estetika alam yang masih natural di Wonosobo. Kecantikannya memang memikat. Seandainya dipandang sekilas, format air terjun ini seperti daerah bermain seluncur.

Curug winong ini letaknya masih amat asri dengan hawa yang teduh, airnya bening dan dingin membikin kita betah lama-lama berendam dibawah air terjunnya. untuk menuju ke curug ini jalan masuknya sungguh-sungguh gampang dengan jalan yang baik, setibanya di areal parkir kita masih wajib berjalan kaki lagi untuk menempuh lokasi air terjun. daerah ini asyik tuk berkunjung bersama pasangan. alam nya yg menawan serta hijau dengan desiran angin yg adem membikin suasana jadi betul-betul rimantis. selamat bagi yg ingin berkunjung. semoga berguna dan menyenangkan.

9. Telaga Menjer

Objek wisata alam telaga menjer ini manjadi salah satu daya tarik pariwisata di kabupaten wonosobo, dengan menjadi telaga terluas di wonosobo, selain itu juga lokasi telaga menjer berada di dataran tinggi dieng. Danau yang terwujud secara natural ini sudah dibuka menjadi objek tamasya dan dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Daya Air (PLTA). Potensi tamasya danau ini belum tergarap optimal dan masih jarang dikunjungi para wisatawan bagus dari dalam tempat ataupun luar tempat.

Lokasi Telaga Menjer dari kota Wonosobo lebih dekat diperbandingkan menuju ke Dataran Tinggi Dieng. Posisi Telaga Menjer berada di kaki pegunungan atau Dataran Tinggi Dieng membuatnya berpotensi menjadi liburan favorit yang dekat dengan sentra kota. Pasar Garung ini ialah pasar terakhir sebelum via tanjakan panjang dan tajam menuju wilayah Dataran Tinggi Dieng. Pasar ini mudah dikenal sebab berada pada jalan yang sedikit menanjak dan ramai dikunjungi pembeli semenjak pagi sampai siang hari.

Pesona estetika alam air telaga yang melimpah dan disekelilingnya ada bukit-bukit yang membumbung tinggi, disinilah keistimewaan Telaga Menjer. Telaga menjer yaitu sebuah danau yang terjadi dampak dari lutusan gunung berapi. Suasana sekitar wilayah liburan Telaga Menjer nampak sepi dan teduh nampak kesibukan warga sekitar yang sedang mengerjakan kesibukan sehari-hari seperti bertani dan mencari ranting kayu. Panorama Telaga Menjer tak menonjol dari tepi jalan sebab berada dibalik bukit kecil yang memutari telaga.

10. Curug Sirawe

Liburan alam memang tiada matinya. Liburan yang berkaitan dengan alam senantiasa memberikan kesan tersendiri dan memberikan kenangan yang berbeda. Itu pula dengan tamasya di Curug Silawe. Curug Silawe adalah salah satu daerah menarik di Magelang yang harus untuk dikunjungi. Bagi beberapa besar, lokasi liburan ini memang belum diketahui. Curug Silawe berada di selatan gunung Sumbing tepatnya.

Untuk menuju ke lokasi hal yang demikian memang bisa tak gampang. Melainkan, kalau mengaplikasikan kendaraan pribadi akan lebih kencang hingga sebab tak ada angkutan hingga lokasi. Menuju Curug Silawe bisa dicapai dengan kendaraan lazim angkutan jurusan Magelang-Wonosobo yang melalui Kaliangkrik.

11. Agrowisata Tanjungsari

Pesona kebun teh masih menyenangkan aku, tidak terkecuali yang satu ini. Kebun teh yang satu ini aku dapatkan dengan tak sengaja dikala perjalanan ke rumah salah satu kerabat. Kebetulan tepat melewati memandangnya dan sekaligus mampir. Jadi tujuan semula aku bukan ke daerah ini. Memang di tempat Wonosobo banyak terdapat kebun teh dan daerah liburan lain yang baik seperti Dieng dan lainnya.

Memang kebun teh di sini tak semacam itu luas seperti kebun teh yang familiar di Tambi Wonosobo, namun tentu lebih luas dan lebih teduh diperbandingkan kebun teh Samigaluh Kulon Progo. Sayangnya daerah ini tak seperti itu ramai sebab pengelolaannya berdasarkan aku kurang demikian itu bagus. Daerah tamasya yang murah meriah,kecuali dapat merasakan pemandangan kebun teh,disini juga terdapat wahana rekreasi dengan jalan masuk yang cukup gampang.

Kesejukan udara dikawasan Agrowisata Tanjung Sari sangatlah terasa. Bagi anda-anda yang penat dalam berprofesi benar-benar disarankan untuk bertamasya kesini. Hamparan kebun teh yang luas dengan udara yang teduh serta dilengkapi wahana mainan buah hati sungguh-sungguh layak untuk berlibur bersama keluarga ataupun pasangan.

12. Kolam Renang Mangli

Wonosobo juga mempunyai kolam renang dengan air autentik pegunungan yang segar. Ialah kolam renang mangli yang terletak di desa kejiwan kecamatan wonosobo lokasinya malahan tak jauh dari alun alun kota wonosobo, cuma berjarak sekitar 3 kilometer. Sumber air mangli juga rupanya menjadi pemasok utama keperluan air minum produk air kemasan yang telah familiar di indonesia.

Bagi warga Wonosobo pastinya Kolam Renang Mangli ini telah tak asing lagi, sebab letaknya yang masih dalam wilayah Kota Wonosobo. Kolam ini pada hari Pekan dan libur banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang kebanyakan masih dari Wonosobo sendiri. Kolam Renang Mangli sungguh-sungguh pantas untuk menghabiskan tamasya bersama keluarga tercinta anda.

13. Goa Jaran

Goa Jaran ialah salah satu goa yang terdapat di wilayah Telaga Warna Dieng. Eksistensi goa ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan goa-goa lain yang ada didekatnya merupakan sebagai daerah bersemedi. Goa Jaran mempunyai simbol kesuburan dan diperkuat dengan pahatan patung berwujud wanita membawa bunga yang dibangun di depan mulut goa. Jikalau diamati, wujud mulut Goa Jaran berbentuk oval dan tak beraturan mirip celah antara bebatuan. Sepertinya mustahil untuk disusupi seekor kuda sebab ukurannya yang sempit sampai ke ujung goa.

Sebab Goa Jaran berada pada satu area dengan Telaga Warna. Cukup mendatangi telaga warna yang beralamatkan di Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Saat berada di sini, para wisatawan tidak perlu khawatir karena akan banyak sekali papan petunjuk arah menuju lokasi gua jaran. Jadi anda tak perlu kuatir akan tersesat dikala mengunjungi daerah ini.

14. Candi Dieng

Candi Dieng Wonosobo, yakni area percandian yang benar-benar luas yang berlokasi di sebuah dataran tinggi bernama Dieng. Dataran tinggi Dieng sendiri hakekatnya adalah sebuah dataran vulkanik aktif yang sungguh-sungguh luas, dan dapat dikatakan sebagai gunung berapi raksasa.

Daratan tinggi Dieng teletak di sekitar Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, dan berada di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng berlokasi pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Posisinya yang cukup tinggi membikin temperatur udara di wilayah ini benar-benar dingin bagi orang Indonesia.

Sejarah candi dieng hingga dengan dikala ini memang tak demikian itu terang, sebab tak ada satupun ditemukan bukti tertulis yang menceritakan mengenai kapan tepatnya Candi Dieng dibangun. Cuma sebuah prasasti yang ditemukan di wilayah itu, yang mempunyai angka tahun 808 Masehi.

15. Dieng Plateau Theater

Dieng plateau theater atau yang lebih di ketahui dengan singkatan DPT ini, yakni salah satu objek liburan yang bertema “edukasi” kenapa demikian. Sebab dari objek liburan edukasi ini, bukan menyuguhkan panorama alam tapi sebuah film dokumenter perihal sejarah di masa lampau yang pernah terjadi di dataran tinggi Dieng, dari objek liburan DPT, anda bisa menyaksikan film dokumenter yang berdurasi kurang lebih 20 menit yang akan di kupas secara komplit dan detail.

Berlokasi di kawasan Desa Dieng wetan kecamatan kejajar, kabupaten Wonosobo. Objek liburan Dieng plateau Theater disahkan pada tahun 2006 oleh bapak Presiden RI ke 6 ialah Susilo Bambang Yudhoyono. Yang kala itu masih menjabat sebagai presiden RI. Kapasitas gedung Dieng plateau theater sanggup menampung sampai kurang lebih 200 orang, dengan membayar karcis masuk senilai 10.000 rupiah.

Tidak cuma tamasya alam yang bisa Anda saksikan akan melainkan juga ada tayangan berkhasiat, di sini Anda akan menerima pengetahuan yang diputar dalam wujud film dokumentasi seputar Dieng. Cuma 23 menit saja Anda serasa menjelajahi Dieng. Anda juga akan menyaksikan tayangan seputar beragam objek tamasya yang ada di Dataran Tinggi Dieng, sejarah dan tradisi seperti tayangan seputar si kecil rambut gimbal Dieng.

Semua informasi di atas merupakan data terakhir saat artikel ini dibuat. Jika terdapat perubahan data terbaru yang anda ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *